Sepi Abis! Bioskop XXI Cs Dibuka Tapi 'Miskin' Penonton

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
24 November 2020 20:30
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di bangku bioskop yang akan dibuka hari ini di CGV Grand Indonesia Mall, Rabu (21/10/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan surat keputusan untuk operasi bioskop-bioskop di Jakarta. Beberapa bioskop akan mulai memutar film hari ini.
Pantauan CNBC Indonesia pada jam 12.00 belum ada penonton yang datang, kemudian pihak pengelola mengatur ulang jadwal agar jam 15.00 sudah bisa memulai pemutaran film. 
Terlihat hanya beberapa warga saja yang mulai memesan tiket di tiket box. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah sebulan lebih bioskop di Jakarta dan sekitarnya sudah dibuka tapi hasilnya hingga kini pengunjung yang datang sangat minim.

Ketua Umum Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengatakan seluruh operator bioskop di Jakarta sudah memutar film, termasuk pemain besar seperti XXI yang sempat menunda pembukaan bioskopnya.

Ia mengungkapkan penyebab sepinya pengunjung ke bioskop, paling utama adalah stok film yang diputar sangat minim. Hal ini membuat penonton malas masuk bioskop di tengah pandemi covid-19.


"Sepi nggak ada film, yang ada film-film bekas saja. Desember baru ada yang baru dan banyak," kata Djonny kepada CNBC Indonesia, Selasa (24/11).

Ia mengatakan bioskop memang sudah boleh beroperasi sampai maksimal 50% dari kapasitas penonton. Namun, realitasnya para penonton yang mengisi kursi-kursi bioskop jauh dari harapan.

"Rata-rata seluruh Indonesia, kurang dari 20% semuanya," katanya.

Djonny mengatakan kondisi ini semacam pemanasan bagi operator bioskop sebelum memutar film-film terbaru pada Desember nanti. "Hitung-hitung belajar dulu, habis kolaps, kemarin," katanya.

Untuk itu, ia mengusulkan agar pemerintah daerah memberikan keringanan kepada para pelaku operator bioskop dengan menghapuskan atau pembebasan pajak hiburan atau pajak tontonan selama setahun. "Sekarang sepi, mau bayar pajak pakai apa," katanya.

Mulai 21 Oktober Pemprov DKI Jakarta sudah menerbitkan izin operasi terhadap 3 pengelola bioskop. Ketiga bioskop itu Cinema XXI, CGV danCineapolis. HanyaCGV dan Cineapolis yang memastikan buka, sedangkan pemain utama Cinema XXI memilih tetap absen meski sudah dapat izin.

Kemudian pada Senin (16/11/2020), XXI akhirnya mulai membuka kembali bioskop secara bertahap untuk 16 lokasi di DKI Jakarta.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading