Internasional

Mereka yang Terpapar Covid-19, Diberi Uang Rp 9,1 Juta

News - Thea F, CNBC Indonesia
24 November 2020 19:55
Hall pameran di Hong Kong di jadikan rumah sakit darurat Covid-19. (AP/Kin Cheung)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Hong Kong akan memberikan bantuan senilai HK$ 5.000, atau setara dengan Rp 9,1 juta (asumsi Rp 1.832/HK$). Uang ini diberikan khusus untuk penduduk berpenghasilan rendah yang dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19).

Menteri kesehatan Hong Kong menjanjikan hal tersebut setelah munculnya cluster baru yang terkait dengan klub dansa. Cluster kedua ini menjadi yang terbesar sejak munculnya pandemi di wilayah tersebut.

Pihak berwenang berharap dana pemberian satu kali itu akan meyakinkan warga yang terinfeksi untuk membantu memutus rantai transmisi dengan berdiam diri di rumah saja selama karantina.

Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk memerangi gelombang keempat virus corona yang meningkat pesat di Hong Kong, sebagaimana dilaporkan media South China Morning Post (SCMP).

Mengenai cluster klub dansa, 46 orang dikabarkan terinfeksi virus corona, sehingga totalnya menjadi 80. Otoritas kesehatan mengakui bahwa wabah akan sulit dan untuk pertama kalinya memerintahkan pengujian wajib, mengharuskan semua orang yang telah mengunjungi tempat tersebut sejak awal bulan untuk dites.

Sayangnya kebijakan ini tidak langsung diterima oleh sebagian masyarakat. Dilaporkan media Hong Kong Free Press, Roy Kwong dari Partai Demokrat mengatakan skema dana ini sama saja mendorong masyarakat untuk memaparkan diri terhadap Covid-19 agar mendapatkan uang.

"Apakah ini pada dasarnya mendorong publik untuk terinfeksi?" tulis kata Kwong di Facebook pada Minggu (22/11/2020).

Gabriel Leung, dekan fakultas kedokteran di University of Hong Kong, mengatakan seharusnya subsidi hanya diberikan kepada orang-orang yang pekerjaannya tidak terjamin, seperti supir taksi.

Aktivis Jeffrey Ngo men-tweet bahwa dana tersebut terdengar seperti hadiah: "Jadi sekarang, jika Anda tertular penyakit mematikan yang telah menewaskan lebih dari 1,38 juta orang di seluruh dunia, Anda dibayar oleh pemerintah Hong Kong: tepatnya tidak cukup untuk bantuan yang berarti tetapi cukup untuk memberi kesan hadiah."

Sementara, Wakil Sekretaris Biro Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Ho Kai-ming mengatakan ia tidak melihat orang yang akan menyalahgunakan skema dana ini dengan sengaja terpapar virus corona hanya agar mendapatkan dana bantuan dari pemerintah.

Hong Kong melaporkan 68 kasus yang dikonfirmasi pada Minggu, dengan 46 di antaranya terkait dengan cluster di kelas dan klub dansa. Pemerintah mengumumkan pemberitahuan pengujian wajib kepada siapa saja yang telah mengunjungi 14 tempat dansa dari tanggal 1 hingga 21 November untuk mengikuti tes Covid-19.

Tujuh stasiun pengujian keliling dan titik distribusi botol spesimen telah didirikan di Tseun Wan, Sai Kung, dan Tai Po pada Senin untuk membantu mengidentifikasi kasus corona di masyarakat Hong Kong.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading