Bos BI Pede, Ekonomi RI 3 Bulan Terakhir 2020 Tumbuh Positif

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
12 November 2020 14:31
Perry Warjiyo di Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia Bulanan - Oktober 2020 (Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis perekonomian kuartal IV-2020 bisa kembali ke zona positif. Terutama melihat pemulihan yang terjadi di kuartal III, dibandingkan kuartal II lalu.

Menurutnya, pemulihan kuartal III terlihat dari berbagai sektor meski masih berada di zona negatif. Namun, jika terus didorong dan pertahankan maka akan membawa perekonomian lebih baik terutama melalui belanja pemerintah.

"Kami melihat dengan berbagai indikator dan belanja pemerintah terus meningkat, Insya Allah kuartal IV ini pertumbuhan mulai positif meski belum tinggi," ujarnya di Gedung DPR RI, Kamis (12/11/2020).

Adapun perekonomian pada kuartal III tercatat -3,49%. Meski masih kontraksi tapi lebih baik dibandingkan kuartal II yang -5,32%. Perbaikan terjadi dinilai karena sinergi yang dilakukan Pemerintah, BI, OJK dan LPS dalam percepatan realisasi anggaran pemulihan ekonomi nasional.

"Semua komponen membaik terutama karena ekspansi percepatan realisasi anggaran, sehingga konsumsi pemerintah bisa mendorong pertumbuhan ekonomi," kata dia.

Lanjutnya, perbaikan perekonomian global juga didukung oleh pemulihan yang terjadi pada perekonomian global. Dimana, pada tahun ini ekonomi global di proyeksi -3,8% dan tahun 2021 kembali positif 5,2%.

Ia mengakui, meski demikian waktu pemulihan perekonomian suatu negara akan berbeda. Semua ditentukan dari cara masing-masing negara menangani pandemi Covid-19 melalui instrumen fiskal hingga moneternya.

"China lebih awal untuk pulih, demikian juga emerging market dan negara maju. Kalau China kemungkinan sudah mulai pulih di kuartal IV-2020, dan negara lain baru 2021," jelasnya.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading