Biden Jadi AS-1, Airlangga: Buat Kondisi Indo Pasifik Tenang

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
09 November 2020 16:18
[THUMB] Joe Biden Presiden AS Terpilih

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua KPC-PEN sekaligus Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengapresiasi Pilpres di Amerika Serikat yang dimenangkan oleh Joe Biden-Kamala Harris, dan mempunyai harapan khusus atas kemenangan keduanya.

"Bagi Indonesia adalah kepastian, dan stabilitas politik. Geopolitik wilayah ini, China, Amerika penting," katanya secara virtual dalam update KPC-PEN "Penanganan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Ketahanan Pangan" di Jakarta, Senin (9/11/2020).

Menurutnya, Indonesia butuh ketenangan dan kepastian. Di mana hal tersebut bisa tercapai jika ada keamanan geopolitik. Artinya, kepemimpinan baru di AS bisa membawa ketenangan di Indo-Pasifik.


"Kalau aman, ekonomi bisa dijaga. Ada optimisme. Indonesia bagian ekonomi ASEAN. Indo-Pasifik aman, seperti dalam perkembangan dalam dekade, ASEAN bisa menjalankan perekonomian yang menyejahterakan rakyat," tegasnya.

Informasi saja, Joe Biden dan Kamala Harris dari Partai Demokrat terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), mengalahkan pasangan petahana dari Partai Republik Donald Trump dan Mike Pence.

Biden meraih 290 electoral votes, sementara petahana Trump hanya 214 suara elektoral. Jumlah itu melampaui ambang batas 270 electoral votes dari total 538 electoral votes untuk bisa memenangkan Pilpres AS.

Raihan 290 suara elektoral oleh Biden terjadi setelah sang wapres era Presiden Barack Obama itu mendapatkan kemenangan tipis di negara bagian Pennsylvania yang memiliki 20 electoral votes, dengan meraih 49,7% suara, sementara Trump 49,2%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Calon Presiden AS Rupanya jadi Target Pembunuhan


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading