Viral Komodo Nyasar ke PLTD, Ini Kata PLN...

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
02 November 2020 17:53
Truck yang memasuki pulau Rinca Taman Nasional Komodo, diadang biawak komodo. Foto: Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Sempat viral di media sosial ada seekor komodo nyasar dan mondar-mandir di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) milik PT PLN (Persero) di Pulau Komodo.

Direktur Megaproyek PLN Ikhsan Asaad mengaku tidak tahu banyak soal komodo yang nyasar di PLTD ini. Namun menurut perkiraannya, komodo datang ke PLTD karena suhu PLTD yang hangat.  Menurutnya, kemungkinan komodo nyasar ke lokasi karena mencari tempat yang hangat. Karena hangat, meski lokasi berisik, komodo tetap mendekat.


"Saya bukan ahli kehewanan, cuma mungkin ya komodo senang yang hangat-hangat dan panas," paparnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin(02/11/2020).

Dia menyebut bahwa para pekerja PLN berteman baik dengan hewan. Menurutnya, tidak pernah ada permasalahan di sana karena lingkungan sekitarnya tetap dijaga.

"Setahu saya tidak pernah ada permasalahan di sana," ungkapnya.

Bertemu hewan semacam komodo memang menjadi salah satu konsekuensi dalam bekerja. Berdasarkan pengalaman pribadinya saat bertugas di Maluku, dirinya pun bercerita pernah didatangi ular.

Ikhsan menambahkan, konsekuensi bertugas di daerah memang kerap kali didatangi binatang buas. Dirinya pun mengaku sering bertemu ular saat dahulu pernah ditugasi di Maluku.

"Saya pernah tugas di Maluku, didatangi ular, melata suka tempat-tempat yang hangat," tuturnya.

Seperti diketahui, sebelum komodo nyasar ke PLTD, sempat viral juga komodo menghadang truk. Mengutip dari detik travel, seekor komodo disebut nyasar ke PLTD di Pulau Komodo.

Kabar itu pertama kali mencuat lewat sebuah unggahan dari laman Twitter @KawanBaikKomodo yang diunggah Sabtu kemarin (31/10/2020). Dalam video singkat berdurasi 30 detik itu, tampak seekor komodo yang berjalan di luar pagar bangunan yang diketahui merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

"Tragis! PLTD di habitat komodo. Memang sudah lama warga komodo mendambakan listrik dan mau bayar, tapi mengapa PLN dan KLHK tidak bangun energi terbarukan?" bunyi caption di video tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading