Halo Pak Mendag, Harga Cabai & Bawang Merah Makin Pedas!

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
26 October 2020 14:25
Bongkar Muat Cabai Merah di Pasar Kramat Jati (CNBC Indonesia/Tris Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gejolak harga komoditas pangan strategis seringkali membuat tekanan inflasi juga ikut berfluktuasi. Seperti halnya dijumpai pada kuartal ketiga tahun ini, ketika harga pangan mengalami penurunan deflasi pun terjadi tiga bulan secara beruntun sejak Juli-September 2020. 

Usai terjadi deflasi beruntun, Bank Indonesia (BI) memperkirakan harga komoditas pangan mulai merangkak naik di bulan Oktober ini yang bisa memicu inflasi. Dalam survei pemantauan harga (SPH) minggu keempat bulan ini beberapa komoditas yang diramal mengalami kenaikan harga adalah cabai merah, bawang merah, minyak goreng hingga ayam.

Otoritas moneter nasional memproyeksikan inflasi sebesar 0,09% (month on month/mom) pada bulan Oktober. Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi Oktober 2020 secara tahun kalender sebesar 0,97% (ytd), dan secara tahunan sebesar 1,46% (yoy).


Penyumbang utama inflasi pada periode laporan berasal dari komoditas cabai merah sebesar 0,09% (mom), bawang merah sebesar 0,03% (mom). Di berbagai pasar tradisional Tanah Air, harga cabai merah dan bawang merah memang melonjak tinggi dalam sebulan terakhir. 

Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional menunjukkan harga untuk cabai merah besar sebulan lalu masih berada di kisaran Rp 36.000/kg. Namun pada pekan lalu harga melesat ke atas Rp 40.000/kg.

Nasib sama juga dialami oleh komoditas cabai merah keriting yang kini harganya sudah menyentuh Rp 40.000/Kg. Padahal tepat sebulan lalu harga cabai merah keriting di pasaran masih ada di Rp 32.000/Kg. 

Selain cabai merah, komoditas bawang merah juga mengalami lonjakan harga. Dalam sebulan terakhir harga bawang merah melompat dari kisaran Rp 31.000/kg di berbagai pasar tradisional kini telah mendekati Rp 35.000/kg.

Pada periode 22 September - 23 Oktober, harga ketiga komoditas pangan strategis tersebut telah meningkat sebesar dobel digit persentase. Harga bawang merah naik 13%, harga cabai merah besar melonjak 14% dan harga cabai merah keriting memimpin kenaikan tertinggi dengan pertambahan nyaris 30%.

Ada Disparitas Harga Cabai & Bawang Merah Antara Jawa dan Luar Jawa
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading