Kinerja Tumbuh, OJK: BPD Terus Survive di Tengah Pandemi

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 October 2020 14:48
Deputi Komisioner Pengawas Bank IV OJK, Ahmad Soekro Tratmono (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan industri Bank Pembangunan Daerah (BPD) terus survive meskipun pertumbuhan ekonomi terkontraksi akibat pandemi Covid-19.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK Ahmad Soekro Tratmono sebagai menjelaskan kemampuan BPD dalam bertahan terlihat dari penyaluran kredit yang masih tumbuh positif dengan likuiditas yang masih cukup seperti bank nasional lainnya.

"Hal ini menjadi dorongan bagi BPD untuk terus memberikan kredit untuk membangun ekonomi daerah," ujar Soekro dalam diskusi Terobosan BPD di Tengah Pandemi Covid-19 dan CNBC Indonesia Award, Jumat (23/10/2020).


Dia menegaskan BPD masih mempunyai dana yang cukup untuk bisa menjadi penyalur kredit. "Di tengah masa pandemi covid-19 harus dengan prinsip kehati-hatian yang tinggi dan dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Apalagi, tuturnya, belum ada contoh pada masa lalu yang bisa menjadi rujukan dalam melalui pandemi Covid-19.

"Dalam pemberian kredit BPD punya suatu standar yang bisa dilihat kalau dari kredit bisa tumbuh dan kesehatan bisa dijaga dan kredit bisa tumbuh dan ekonominya bisa bertumbuh juga. BPD bisa memberikan kredit umkm dan menjadikan dorongan bagi pemulihan ekonomi daerah," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading