CNBC Indonesia Award

Konkret Nih! Sederet Terobosan Jitu Kang Emil Saat Pandemi

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 October 2020 10:02
Ridwan Kamil (Tangkapan layar CNBC TV) Foto: Ridwan Kamil (Tangkapan layar CNBC TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membeberkan terobosan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat selama pandemi Covid-19. Hal itu dipaparkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam diskusi Terobosan Kepala Daerah di Tengah Pandemi dan CNBC Indonesia Award Best Regional Leaders, Jumat (23/10/2020).

Menurut dia, pandemi Covid-19 telah berimbas kepada penurunan daya beli di level domestik. Oleh karena itu, Pemprov Jabar melakukan dua hal.

"Menengah bawah kita gunakan subsidi bansos tunai sehingga ada pergerakan menggunakan dana bansos untuk menggerakkan ekonomi lokal, yang menengah atas nggak banyak belanja karena banyak menabung kami upayakan mereka spending dengan kampanye online dan lain-lain," kata Kang Emil.

Ia lantas mengungkapkan ada dua berita baik dari Jabar. Dari sisi investasi, Jabar menjadi juara 1 nasional lantaran realisasi investasi per semester I sudah Rp 60 triliun.

Kemudian, nilai ekspor Jabar sudah mencapai Rp 150 trliun.




"Kuncinya berusaha membuka seluasnya perdagangan ke dunia ini agar lancar. Harapannya mengangkat kegiatan ekspor kita," ujar Kang Emil.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga mengungkapkan Pemprov Jabar menggelontorkan belanja pemerintah. "Jangan banyak ditahan, jangan banyak ditabung," lanjutnya.

Lebih lanjut, Eks Wali Kota Bandung itu menambahkan, bulan depan, tahap I Pelabuhan Patimban akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Kemudian, Pemprov Jabar akan meluncurkan dua kota industri baru. Total akan ada 13 kota baru berbasis industri.

"Ini menjadi pesan Jawa Barat siap melakukan terobosan agar investasi melaju dan belanja pemerintah dimaksimalkan sampai bulan Desember," kata Kang Emil.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

RK: Dana PEN di bank bjb Rp 5 T Habis Terserap Bulan Ini


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading