RK: Dana PEN di bank bjb Rp 5 T Habis Terserap Bulan Ini

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 October 2020 09:46
Ridwan Kamil (Tangkapan layar CNBC TV)

Jakarta, CNBC Indonesia- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa dana Pemulihan Ekonomi Nasional yang dititipkan pemerintah pusat ke Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) telah terserap seluruhnya pada pekan lalu.

"Dana Pemulihan Ekonomi Nasional Rp 5 triliun sudah melebihi target. Tadinya sampai Desember, tapi sampai minggu kemarin sudah habis Rp 5 triliun," ujar Kang Emil, nama panggilan Ridwan Kamil dalam diskusi Terobosan Kepala Daerah di Tengah Pandemi dan CNBC Indonesia Award Best Regional Leaders, Jumat (23/10/2020).

Lebih rinci, dana PEN yang dititipkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada bank bjb senilai Rp 2,5 triliun. Dana tersebut diharapkan di-leverage menjadi 2 kali lipat atau Rp 5 triliun untuk pemberian kredit kepada dunia usaha dalam rangka pemulihan ekonomi.


Kang Emil optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi nasional di Kuartal IV-2020 akan membaik hingga bisa 0% atau minimal mendekati 0%. Dia memproyeksi produk domestik bruto di kuartal III-2020 masih minus, meskipun lebih baik daripada kuartal II yang tercatat terkontraksi -5,32%.

"Harapannya adalah terhadap vaksin (Covid-19) yang datang pada bulan-bulan depan," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading