RI Sempat Bikin Geger & Ini Kapal Selam Tercanggih di Dunia

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
29 August 2020 07:15
Kapal Selam buatan RI. (Dok: PT PAL)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di antara banyak negara besar, Indonesia memiliki alat utama sistem senjata (alutsista) andalan. Yakni beberapa kapal selam buatan PT PAL Indonesia (Persero), salah satunya KRI Alugoro 209. Tidak banyak negara memiliki kapal selam, bahkan untuk ukuran Asia Tenggara, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki.

Meski demikian, ada sejumlah negara besar yang memiliki kapal selam lengkap. Salah satunya negara adidaya Rusia. Dikutip dari Forbes, kapal selam rudal balistik Kelas Typhoon Rusia disebut-sebut sebagai kapal selam terbesar di dunia. kapal selam besar yang mampu membawa beban 170.000 hingga 180.000 ton sekaligus. Itu jauh melebihi volume kapal selam sebelumnya. Dengan panjang 1.180 kaki dan lebar 230 kaki.

Kapal itu akan didukung oleh tidak kurang dari tiga reaktor nuklir, masing-masing menghasilkan 30 megawatt. Ini bisa mendorongnya dengan kecepatan 17 knot. Karena ini bukan kapal tempur, awaknya akan menjadi kecil menurut standar kapal selam, hanya 25-28 orang.


Typhoon Class Submarine RussiaFoto: Typhoon Class Submarine Russia
Typhoon Class Submarine Russia

Selain Rusia, Prancis juga dikenal sudah mengoperasikan kekuatan kapal selam khusus nuklir, yang menempatkannya di tingkat teratas angkatan laut dunia. Kapal tersebut adalah Kapal selam kelas Suffren yang dibuat Naval Group. Proyek pembuatan ini sudah dimulai sejak tahun 2007 silam. Pada Juli tahun lalu, kapal selam ini sudah diluncurkan.

"Uji coba ini adalah bukti tambahan dari komitmen total Grup Angkatan Laut kepada Angkatan Laut Prancis, badan pengadaan pertahanan Prancis (DGA), serta Komisi Atom dan Energi Alternatif Prancis (CEA), TechnicAtome, dan pelaku industri lainnya di sektor pertahanan. Bersama-sama, kami melakukan uji coba laut yang akan mengarah pada pengiriman Suffren dan berkomitmen untuk produksi lima kapal selam lainnya dari seri tersebut, yang merupakan prioritas utama perusahaan, " kata Naval Group's chairman and CEO Pierre Eric Pommellet dikutip dari defenceconnect.com.au.

Tidak ada keraguan bahwa Suffren Class adalah desain yang sangat mumpuni yang membawa Angkatan Laut Prancis lebih dekat dengan kemampuan AS dan Inggris. Ini akan menambah dimensi baru untuk Angkatan Laut Prancis dan memperkuat tempatnya di tingkat atas angkatan laut dunia.

Tidak ketinggalan, Amerika Serikat juga memiliki kapal selam kelas dunia. USS South Dakota dikenal sebagai kapal selam serang cepat paling berteknologi maju di dunia.

USS South DakotaFoto: USS South Dakota Virginia Class
USS South Dakota

"Kapal selam ini meningkatkan keunggulan domain bawah laut kami, memastikan dominasi kami selama pertengahan abad dan seterusnya, " Juru Bicara Angkatan Laut US Seth Clarke dikutip dari CNN.com.

Kapal selam kelas Virginia dapat meluncurkan torpedo di kapal selam lain dan di kapal. Mereka juga dapat meluncurkan rudal ke target darat, mengumpulkan intelijen, dan mengerahkan unit Navy SEAL untuk operasi khusus.

"Kemampuan siluman, daya tahan, mobilitas dan daya tembak mereka secara langsung memungkinkan mereka untuk mendukung lima dari enam kemampuan inti strategi maritim - kendali laut, proyeksi kekuatan, kehadiran ke depan, keamanan dan pencegahan maritim," kata Clarke.

Diharapkan akan beroperasi pada tahun 2024 atau 2025, daya tembak tambahan itu akan membantu mengisi celah karena Angkatan Laut berencana untuk menghentikan beberapa kapal selam serang cepat dan rudal balistik yang menua di tahun-tahun mendatang.


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading