Rentetan Tak Terduga 'Ledakan' Penumpang di Bandara Soetta

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 August 2020 08:20
Penumpang pesawat mengalami lonjakan selama periode libur panjang pekan ini. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara-bandara di Indonesia mulai ada tanda-tanda pemulihan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat belakangan ini. Contoh yang cukup signifikan dapat dilihat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta), Banten.

Sebelumnya pergerakan pesawat pada April 2020 hanya sekitar 200 penerbangan/hari. Pada Mei 2020 sekitar 100 penerbangan/hari dan pada Juli 2020 juga sekitar 300 penerbangan/hari.

Fenomena 'ledakan' penumpang di bandara mengindikasikan adanya geliat ekonomi dari aktivitas manusia di tengah pandemi. Hal ini diakui oleh Pemerhati Transportasi Djoko Setijowarno. Ia mengatakan bahkan ini mengindikasikan kepercayaan terhadap aktivitas terbang oleh masyarakat mulai pulih.


"Mulai pulih dan masih ada anggaran dari pemerintah," katanya.

Yang dimaksud anggaran pemerintah, karena kegiatan pemerintahan sudah ada yang dilakukan di luar kota. Seperti kegiatan rapat kementerian dan lembaga.
"Mobilitas antar pulau bergerak. Perjalanan tugas dan bisnis mulai geliat. Meski belum semua penerbangan terlayani. Suatu pertanda ekonomi mulai gerak," tambahnya.

Namun, lompatan jumlah penumpang pesawat di kala kasus covid-19 di Indonesia masih menjadi-jadi, tentu jadi pertanyaan. Kenapa konsumen sudah berani keluar beraktivitas dengan pesawat terbang meski belum sepenuhnya normal?

Survei dan analisis yang dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) terhadap terhadap 240 orang berusia kurang dari 20 tahun hingga 49 tahun di Bandara Soekarno-Hatta, menunjukkan alasan konsumen 'berani' naik pesawat meski di kala pandemi.

Sebanyak 51% responden paham, dan sisanya 49% responden sangat paham terhadap protokol kesehatan. Hasilnya, tingkat pemahaman penumpang terhadap protokol kesehatan cukup tinggi sehingga membuat aktivitas serta operasional penerbangan di bandara berjalan lancar dan tidak terganggu.

Sebanyak 67% responden nyaman, dan 26% sangat nyaman dengan layanan dan fasilitas di bandara di masa pandemi ini. Tercatat juga sebanyak 64% responden yakin, 27% responden sangat yakin, dan sisanya 9% tidak yakin terhadap tingkat keamanan penerbangan.

Selain itu sebanyak 65% responden yakin, 25% responden sangat yakin, 9% tidak yakin, dan 1% sangat tidak yakin terhadap tingkat keamanan di pesawat.


Berikut rentetan 'ledakan' penumpang pesawat di Bandara Soetta kala masa pendemi:

Tumpukan Penumpang 14 Mei 2020
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading