Tol Jakarta-Cikampek Macet Parah Nih, Rest Area Buka Tutup

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
20 August 2020 11:10
Kepadatan kendaraan di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020. Pemerintah memprediksi akan adanya lonjakan lalu lintas kendaraan bermotor pada libur Iduladha nanti, karena tidak adanya larangan mudik seperti yang dilakukan pada saat Idulfitri lalu. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan sejumlah antisipasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H. Antisipasi dilakukan mengingat perayaan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Jumat (31/7/2020), yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan (long weekend). Sementara untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas kendaraan bermotor saat liburan Idul Adha, Kemenhub mempersiapkan personel serta berkoordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan di daerah untuk meningkatkan pengawasan di lapangan, serta dengan para operator transportasi. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemacetan kembali terjadi di sejumlah titik Tol Jakarta-Cikampek. Untuk mengurai kepadatan ke arah Cikampek, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow, pada Kamis (20/8/20), saat libur Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 H.

Pemberlakuan contraflow dimulai dari Km 47 sampai Km 53 arah Cikampek sejak pukul 09.00 WIB. Selain itu Jasa Marga juga melakukan buka tutup situasional pada TI (tempat istirahat, rest area) Km 50 dan Km 57.

"Dengan diberlakukannya contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Km 48 akibat titik pertemuan lalu lintas dari Jakarta-Cikampek Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek," tulis Jasa Marga dalam keterangannya.


Dari hasil pantauan, terdapat antrean kendaraan bahkan sebelum memasuki Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. Arus kendaraan arah Cikampek memang cenderung ramai. Terpantau antrean 4-5 kendaraan dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal.

Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi Kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow, Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu.

"Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," urainya.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading