Penyekatan Larangan Mudik, Ada Kerumunan Orang di Cikarang

News - yun, CNBC Indonesia
06 May 2021 13:47
Penyekatan mudik 2021 di ruas Tol Jakarta-Cikampek. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ramai beredar di sosial media Twitter, orang-orang yaitu karyawan pabrik KIIC dan MM2100 tak bisa melintas akibat penyekatan larangan mudik.

Dalam sebuah video, ada seorang lelaki yang mengeluhkan hal ini. "Hari ini tanggal 6 Mei hari Kamis saya tidak bisa masuk wilayah Cikarang, ditutup total. Tak bisa maju/mundur. Demikian info hari ini," ujar seorang lelaki dalam video tersebut.

Dari beberapa video yang beredar, orang-orang tersebut nampak berteriak dan menyerukan agar jalanan dibuka. "Buka...Buka...Kita adalah pekerja..." ujar video yang direkam oleh seseorang dan menampilkan jalanan yang macet total.


Hingga saat ini, jalur Cikarang menuju Karawang macet total. Jika melihat peta, terlihat garis merah yang memandakan kemacetan. Sementara itu, sosial media juga ramai menginformasikan hal ini.

"Tol Cikarang-Karawang ditutup, tapi yang bekerja tidak libur, Macet iya, tidak dapat uang," ujar @Muhrifaz.

Sebagaimana diketahui, Kemacetan terpantau di KM 31 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (6/5) hingga sepanjang 1 km imbas dari penyekatan larangan mudik karena adanya pemeriksaan oleh petugas.

Mengutip CNN, Kamis (6/5/2021) petugas nampak memberhentikan sejumlah kendaraan yang melintas. Bahkan kendaraan tarvel juga tak luput dari pemberhentian.

"Dari mana? Mau kemana? Boleh lihat surat-suratnya," kata Kepala Bagian Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali saat memberhentikan sebauh travel.

Selanjutnya, nampak penumpang travel menunjukkan surat negatif Covid-19 hingga surat izin dari perusahaan. Karena dianggap lengkap, travel diizinkan melintas.

Selain kendaraan travel, nampak kendaraan pribadi dan truk yang juga turut diperiksa. Dermawan menegaskan, pihaknya selektif memberhentikan kendaraan. Dia tahu, ciri-ciri kendaraan yang hendak mudik ke kampung halaman.

Adapun penyekatan mulai dilakukan oleh pihak kepolisian sejak pukul 00.00 dini hari. Ada 14 titik penyekatan serta 17 titik check poin yang telah disiapkan.

Berdasarkan data Ditlantas Polda metro Jaya, ada 725 kendaraan telah diputarbalikkan pada pukul 00.00 hingga 05.00 WIB.


[Gambas:Video CNBC]

(yun/yun)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading