Kisah China & Vietnam yang Kembali Terinfeksi Corona

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 August 2020 10:42
cover topik/China Gelombang kedua dalam/Aristya Rahadian Krisabella Foto: cover topik/China Gelombang kedua dalam/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Vietnam dan China sempat menyatakan menang lawan virus corona. Namun kini kedua negara harus berusan dengan Covid-19 karena ditemukan kembali virus ini pada warganya.

Teranyar China daratan melaporkan 49 kasus baru pada 1 Agustus. Naik dari hari sebelumnya, dimana dilaporkan ada 45 kasus. Dari data Komisi Kesehatan Nasional, pembagian wilayah dari kasus itu menyebar. 30 di wilayah barat jauh Xinjiang, tiga di provinsi timur laut Liaoning, dan 16 lainnya adalah kasus impor atau dari lur China.

Dari jumlah tersebut, hampir sebagiannya merupakan orang tanpa gejala (OTG) dengan 20 kasus. Turun dari hari sebelumnya dimana ada 23 kasus. Hingga Sabtu kemarin (2/8), China daratan mengonfirmasi 84.385 kasus Covid-19. Jumlah korban yang meninggal di angka 4.634 orang.


Sementara Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan empat kasus baru Covid-19. Dikutip dari Reuters, (2/8/2020), dua diantaranya merupakan hasil transmisi lokal dan dua lainnya merupakan kasus impor.

Hingga kini, Vietnam sudah melaporkan 590 kasus terkonfirmasi Covid-19. Tiga diantaranya meninggal.

Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah, sebagian besar kasus tersebut muncul dari tiga rumah sakit di kota Da Nang, yakni mencapai 144 kasus.

Kota tersebut merupakan destinasi wisata dan dianggap menjadi pusat penyebaran Covid-19 di Vietnam. Selama Bulan Juli lalu, kota ini dikunjungi lebih dari 800 ribu wisatawan.

Yang paling mengkhawatirkan, menurut data Kementerian Kesehatan Vietnam, jumlah pengunjung ke rumah sakit tersebut mencapai 41 ribu orang selama bulan Juli.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading