Internasional

Tiba-tiba Vietnam Salahkan China, Ada Apa?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
03 January 2022 18:05
China's Chen Meng, left, and Sun Yingsha hold their national flag after winning the table tennis women's singles gold medal match at the 2020 Summer Olympics, Thursday, July 29, 2021, in Tokyo. (AP Photo/Kin Cheung)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perdagangan Vietnam mendesak otoritas provinsi Guangxi di China untuk mengambil langkah guna mempermudah perdagangan antar kedua negara.

Desakan ini muncul setelah adanya kemacetan di penyeberangan perbatasan setelah pemerintah China meningkatkan kontrol perbatasannya dengan kebijakan nol Covid-19. Aturan ini membuat pengiriman ke dan dari beberapa negara terganggu.

Gambar dan rekaman video dari Vietnam News Agency (VNA) yang dikelola pemerintah menunjukkan ribuan truk tertahan di perbatasan. Ini terjadi setelah adanya laporan bahwa kasus impor Covid-19 telah terdeteksi di provinsi Guangxi.


"Langkah-langkah pencegahan anti-virus yang diterapkan Guangxi di bawah kebijakan 'nol COVID', termasuk menutup gerbang perbatasan atau menghentikan impor buah, terlalu diperlukan," lapor VNA, mengutip pernyataan kementerian perdagangan, Senin (3/1/2022).

"Gangguan ini telah menyebabkan dampak negatif pada perdagangan bilateral dan kerugian besar bagi bisnis dan orang-orang di kedua sisi," tambahnya, sebagaimana dikutip oleh Al Jazeera.

Sementara pejabat perdagangan Guangxi mengatakan mereka akan meningkatkan durasi bea cukai dan menyampaikan proposal lain kepada otoritas yang lebih tinggi sebagai tanggapan dari desakan Vietnam.

Sebagaimana diketahui, China adalah mitra dagang terbesar Vietnam, dan pasar terbesar untuk buah dan sayuran dari salah satu negara ASEAN tersebut.

Data resmi menunjukkan omset perdagangan produk pertanian antara kedua negara dalam 11 bulan pertama tahun 2021 naik 19,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi US$ 11,3 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lockdown Effect di Vietnam, RI Dapat Kelimpahan Order Ekspor


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading