Internasional

Contoh Nyata Resesi Singapura: PHK

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 July 2020 14:57
Ilustrasi resesi Singapura. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura mengonfirmasi resesi ekonomi. Secara kuartalan, ekonomi Singapura di kuartal II 2020 berkontraksi atau minus 41,2% sementara secara tahunan, PDB anjlok 12,6%.

Ini melebihi survei sejumlah lembaga dan ekonom. Corona memukul keras ekonomi Singapura yang fokus pada perdagangan.


Otoritas Singapura memperkirakan ekonomi negeri itu dalam setahun bisa berkontraksi 7-4%. Ini menjadi resesi terburuk bagi negeri kota itu sejak 1965.
 Contoh nyata pelemahan ekonomi Singapura sebenarnya adalah pemutusan hubungan kerja (PHK).


Berdasarkan data tingkat pengangguran pada Juni, angka warga yang kehilangan pekerjaan naik ke level tertinggi dalam satu dekade. Bukan hanya itu, jumlah pekerjaan juga tercatat mengalami penurunan kuartalan paling tajam karena pasar tenaga kerja merasakan efek awal Covid-19.

Menurut laporan pasar tenaga kerja yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja (MOM) Juni, tingkat pengangguran naik dari 2,3% pada kuartal sebelumnya menjadi 2,4%. Tingkat pengangguran di antara warga Singapura naik dari 3,3% menjadi 3,5%. Di antara penduduk- atau warga negara Singapura dan penduduk tetap- dari 3,2% menjadi 3,3%.



Terbaru, salah satu resor terbesar di Singapura, Resorts World Sentosa, mengumumkan akan mem-PHK karyawan. Keputusan diambil sebagai bentuk efisiensi karena dampak Covid-19 yang menyerang industri pariwisata.



Namun sayangnya jumlah pasti tidak disebutkan. Namun menurut Reuters mengutip The Straits Times, pemangkasan akan signifikan.

"Kami telah membuat keputusan sulit untuk menerapkan rasionalisasi tenaga kerja," kata perusahaan dalam sebuah pernyataan, dikutip Kamis (16/7/2020).

Resor ini adalah milik Genting Singapore Ltd (GENS). Ada 12.500 orang yang bekerja di fasilitas seluas 49 hektar tersebut.

Resorts World Sentosa meliputi hotel, kasino serta taman hiburan Universal Studios. Pariwisata memberikan kontribusi 4% pada perekonomian Singapura sebelum pandemi terjadi.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading