Internasional

Donald Trump Jadi 'Miskin' karena Corona?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
13 July 2020 15:48
FILE PHOTO: Trump Tower on 5th Avenue is seen in New York City, U.S., April 10, 2018. REUTERS/Brendan McDermid/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan kembali bertanding dalam pemilihan presiden di negara itu pada November mendatang. Untuk mengikuti ajang tersebut, bukan rahasia lagi jika Trump harus mengeluarkan banyak dana dalam kampanyenya.

Menurut laporan Politfact, Trump telah berhasil mengumpulkan dana senilai US$ 726 juta untuk kampanyenya per Juni lalu. Jumlah itu mengalahkan total dana yang berhasil dikumpulkan tim kampanye calon presiden saingannya dari partai Demokrat, Joe Biden, yang hanya mengumpulkan US$ 491 juta per periode yang sama.

Meski demikian, bagaimana dengan kekayaan pribadinya? Apakah Trump juga lebih unggul dibandingkan Biden dan saingan lainnya?


Menurut USA Today, meski Trump bekerja tanpa menerima uang dan menyumbangkan seluruh gaji presidennya, presiden ke-45 AS itu tetap kaya dan memiliki pemasukan dari bisnis real estat yang ia miliki atau kelola sejak sebelum terjun ke dunia politik. Beberapa di antaranya adalah Trump International Hotel di Washington dan Trump Tower di New York.

Dia juga mendapatkan pemasukan tambahan dari seri spin-off "The Apprentice" yang ditayangkan televisi Inggris dan berbagai properti di Uni Emirat Arab, Skotlandia, dan Filipina.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Trump pada 9 Juli 2020 mencapai senilai US$ 2,1 miliar atau sekitar RP 31 triliun (estimasi kurs RP 15.000/dolar). Itu menjadikannya sebagai presiden pertama yang memiliki gelar miliarder.

Namun, menurut laporan Cheat Sheet, Trump sebelumnya jauh lebih kaya. Semenjak corona menyerang, Trump telah kehilangan US$ 1 miliar kekayaannya.

Jika dibandingkan dengan Kanye West, penyanyi yang baru-baru ini mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dalam pemilu 2020, kekayaan Trump tetap jauh lebih banyak. West hanya memiliki kekayaan senilai US$ 1,3 miliar per April lalu.

Di sisi lain, jika dibandingkan dengan Biden, Trump juga jauh lebih kaya. Menurut Fox Business, mengutip laporan Celebrity Net Worth, mantan wakil presiden di era Barrack Obama ini memiliki kekayaan sekitar US$ 9 juta, sebagian besar kekayaan Biden berasal dari bisnisnya di bidang real estat dan juga portofolio investasinya.


[Gambas:Video CNBC]

(res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading