Internasional

Rekor! Infeksi Covid-19 di Tokyo Tembus 100 Kasus Sehari

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
02 July 2020 16:15
A station passageway is crowded with commuters wearing face mask during a rush hour Tuesday, May 26, 2020, in Tokyo.  Japanese Prime Minister Shinzo Abe lifted a coronavirus state of emergency in Tokyo and four other remaining prefectures on Monday, May 25, ending the declaration that began nearly eight weeks ago. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus infeksi virus corona (Covid-19) di Jepang kian meningkat. Lembaga penyiar publik NHK melaporkan ada lebih dari 100 kasus muncul pada Kamis (2/7/2020). Angka tersebut menjadi penghitungan tertinggi di Tokyo, yang merupakan pusat wabah, dalam dua bulan terakhir.

Padahal sehari sebelumnya, pada Rabu (1/7/2020), Tokyo hanya mengkonfirmasi 67 kasus infeksi baru.



Lonjakan kasus di kota berpenduduk 14 juta tersebut meningkat setelah pemerintah mencabut aturan dalam keadaan darurat pada 25 Mei lalu. Jumlah kasus infeksi harian di Tokyo sendiri kurang dari 20 kasus setelah dilakukan pencabutan aturan.

Ketika kasus infeksi melampaui target pemerintah kota, dua minggu sebelum memasuki fase akhir pelonggaran aturan, para pejabat berulang kali mengatakan mereka melihat tidak perlu menyatakan keadaan darurat baru.

"Peningkatan infeksi berbeda dari laju infeksi yang terlihat pada akhir Maret," kata Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga kepada wartawan. "Kami akan terus berkoordinasi dengan kota Tokyo untuk mencapai keseimbangan antara mencegah infeksi lebih lanjut dan mendukung kegiatan ekonomi."

Para pejabat juga mengatakan sistem medis Jepang mampu menangani kasus infeksi yang ada dan peningkatan pengujian sebagian menjelaskan kenaikan dalam kasus yang dikonfirmasi.

Meskipun terdapat lebih banyak kasus di Tokyo, dengan sekitar 18.723 kasus, 974 kematian, dan 16.731 sembuh, Jepang telah melaporkan tingkat infeksi keseluruhan yang lebih rendah daripada negara lainnya.

Sedangkan sudah ada lebih dari 10,7 juta orang telah dilaporkan terinfeksi virus corona secara global, 515.141 kematian, dan lebih dari 6 juta berhasil sembuh, menurut penghitungan Reuters.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading