Trump Sudah Ngamuk, Apakah China Bakal Jadi 'Musuh' Dunia?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
01 July 2020 13:47
President Donald Trump walks from the White House past graffiti in Lafayette Park to visit St. John's Church in Washington on Monday, June 1, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky) Presiden AS Donald Trump (AP/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump marah lagi. Seperti biasa, emosi sang presiden ke-45 Negeri Adidaya ditumpahkan melalui cuitan di Twitter.

"Saat saya melihat pandemi semakin menampakkan wajah jeleknya di seluruh dunia, termasuk kerusakan yang luar biasa di AS, saya jadi semakin marah kepada China. Orang-orang bisa melihat dan merasakannya," cuit Trump.


Pandemi yang dimaksud Trump adalah penyebaran virus corona (Coronavirus Disease-2019). Sejak bermula di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China pada akhir 2019, virus ini menyebar ke seluruh dunia dengan kecepatan yang luar biasa. Hanya dalam waktu sekitar enam bulan, jumlah pengidap virus mematikan ini sudah mencapai lebih dari 10 juta orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah pasien positif corona di seluruh dunia per 30 Juni adalah 10.185.374 orang. Bertambah 163.973 orang (1,64%) dibandingkan sehari sebelumnya.

Trump ngamuk karena negaranya menjadi yang terbanyak mencatatkan kasus corona. US Centers for Disease Control and Prevention melaporkan jumlah pasien positif corona per 30 Juni adalah 2.581.229 orang. Bertambah 35.979 orang (1,41%) dibandingkan sehari sebelumnya.

Namun bukan cuma Trump yang kesal gara-gara penyebaran virus corona dan kemudian menuntut China bertanggung jawab. Australia pun melakukan hal serupa. Marise Payne, Menteri Luar Negeri Australia, menegaskan bahwa China harus transparan dan membuka semua yang mereka ketahui tentang virus corona.

"Perhatian saya terhadap transparansi dari China saat ini sangat tinggi. Saya percaya kepada China, tetapi perhatian saya adalah memastikan bahwa kami layak untuk saling membuka diri," tegas Payne dalam wawancara bersama ABC, yang dikutip oleh Reuters.

Akankah China Jadi Musuh Dunia?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading