Di ASEAN, Kasus Positif Corona Paling Gampang Ditemukan di RI

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
30 June 2020 06:40
Rapid Test  (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Rapid Test (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Apabila situasi terus memburuk, konsekuensinya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah dilonggarkan bakal ketat lagi. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan siap untuk kembali mengetatkan pembatasan sosial (social distancing) jika kasus corona melonjak.

"Perlu saya ingatkan jika dalam perkembangan ditemukan kenaikan kasus baru, maka langsung akan kita lakukan pengetatan atau penutupan kembali," tegas Jokowi.


Kalau sampai ini terjadi, maka kecemasannya bukan aspek kesehatan dan kemanusiaan tetapi juga ekonomi. Pada kuartal II-2020, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut ekonomi Indonesia bisa mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) -3,1% karena PSBB berlaku hampir satu triwulan penuh.

Ketika aktivitas masyarakat kembali dibatasi, maka roda perekonomian bakal seret. Kontraksi ekonomi bisa berlanjut ke kuartal III-2020 sehingga Indonesia bakal masuk ke jurang resesi.

Resesi adalah mimpi buruk, karena mencerminkan ukuran ekonomi yang menyusut. Artinya, semakin banyak orang kehilangan mata pencarian sehingga angka pengangguran dan kemiskinan bertambah.

Di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penganggur per Februari 2020 adalah 6,88 juta atau 4,99%. Ini adalah yang terendah sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

Namun gara-gara ekonomi yang mati segan hidup tak mau, angka pengangguran terancam naik. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan tingkat pengangguran pada 2020 bisa naik ke kisaran 7,8-8,5%.

Ketika angka pengangguran naik otomatis angka kemiskinan juga ikut terdongkrak. Jumlah penduduk miskin pada September 2019 adalah 24,79 juta orang atau 9,22%. Turun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu 25,67 juta orang (9,66%) dan juga menjadi yang terendah sepanjang sejarah.Namun dalam kajian Bappenas, tingkat kemiskinan tahun ini bisa melonjak ke kisaran 9,7-10,2%.

Oleh karena itu, jangan sampai Indonesia mengalami resesi. Kuncinya tidak sulit, kita semua harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Disiplin menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan bisa meredam lonjakan kasus corona yang berujung kepada resesi.

TIM RISET CNBC INDONESIA


Saksikan video terkait di bawah ini:

Kim Jong Un Klaim Setop Penyebaran Corona di Korut


(aji)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading