Relaksasi Lockdown Tak Manjur, Pengangguran AS Masih Tinggi

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
19 June 2020 12:26
Aksi Anti-lockdown di AS, Demonstran Bawa Senapan. AP/Matthew Dae Smith

Jakarta, CNBC Indonesia - Angka klaim pengangguran di Amerika Serikat (AS) hingga pekan lalu masih tergolong tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa ekonomi Negeri Adidaya memang mengalami periode yang sulit akibat diserang pandemi virus corona.

Departemen tenaga kerja AS melaporkan ada tambahan sebanyak 1,508 juta klaim pengangguran pada pekan lalu (12/6/2020). Jumlah klaim pengangguran turun 58 ribu dibanding bulan sebelumnya yang direvisi naik 24 ribu menjadi 1,566 juta.


Meski terus menurun dalam 11 pekan terakhir, angka klaim pengangguran di AS pekan lalu masih lebih tinggi dari konsensus yang dihimpun oleh Reuters di angka 1,3 juta klaim.

Penurunan ini terbilang minimalis dan cenderung mengecewakan mengingat relaksasi lockdown sudah dilakukan dan banyak negara bagian yang mulai memacu roda perekonomiannya lebih kencang meski secara bertahap.

"Penurunan 58 ribu klaim dalam seminggu ini sangat mengecewakan, mengingat levelnya masih sangat tinggi; satu minggu terburuk sejak 2008 yang melesat hingga 665K, "kata Ian Shepherdson, kepala ekonom di Pantheon Macroeconomics, melansir CNBC International.

"Tidak jelas mengapa klaim masih sangat tinggi; apakah ini kelanjutan dari shock awal akibat hilangnya pekerjaan dari sektor yang tidak berkaitan dengan konsumen atau apakah pengusaha berpikir mereka dapat bertahan hidup tetapi sekarang menyerah, atau keduanya? Bagaimanapun, ini adalah angka yang mengecewakan dan berfungsi untuk menekankan bahwa pemulihan penuh akan memakan waktu lama" tambahnya.

Klaim yang berkelanjutan, atau mereka yang telah menerima tunjangan pengangguran setidaknya dalam dua minggu, tercatat lebih rendah menjadi 20,5 juta. Angka ini menurun 62.000 dari minggu sebelumnya.

Selain pengajuan klaim pada umumnya, ada sebanyak 760.526 klaim diajukan di bawah Program Bantuan Pengangguran Pandemi. Angka ini mengalami peningkatan lebih dari 65.000.

Total mereka yang menerima manfaat adalah 29,1 juta pada 30 Mei, yang merupakan minggu terakhir dimana data tersedia. Itu adalah penurunan 375.522 dari minggu sebelumnya.

Dengan begitu angka pengangguran masih tetap tinggi meski pada bulan Mei lalu tercatat ada tambahan 2,5 juta lapangan pekerjaan yang membuat tingkat pengangguran di AS turun menjadi 13,3% dari sebelumnya 14,7%.

Upaya AS untuk Turunkan Pengangguran
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading