Internasional

Heboh Diisukan Menderita Sakit, Ini Pembelaan Donald Trump

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 June 2020 21:00
President Donald Trump walks from the White House past graffiti in Lafayette Park to visit St. John's Church in Washington on Monday, June 1, 2020. (AP Photo/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah kehebohan yang menyebut dirinya sedang dalam kondisi kurang sehat, melalui postingan di Twitter, Senin (15/6/2020).

"Jalan miring yang saya turuni setelah pidato West Point Commencement saya, sangat panjang & curam, tidak memiliki pegangan dan, yang paling penting, sangat licin. Hal terakhir yang akan saya lakukan adalah "jatuh" sehingga bisa diolok-olok menjadi bahan media Berita Palsu," kata Trump.


"Sepuluh langkah terakhir saya berlari ke tanah datar. Momentum!"

Pernyataan itu disampaikan Trump setelah dirinya terlihat berjalan dengan terseok-seok saat turun dari podium begitu selesai menyampaikan pidato wisuda West Point di New York. Ia juga sempat terlihat minum dengan cara memegang gelas dengan kedua tangannya.

Video yang viral di media sosial itu membuat orang-orang berpikir apakah Trump sedang dalam kondisi yang tidak sehat dan memiliki masalah medis neurologis. Apalagi usia Trump terbilang tidak lagi muda. Pada 14 Juni kemarin usia Trump tepat menyentuh 74 tahun.

Isu kesehatan seorang presiden sangat diperhatikan di AS. Gedung Putih biasanya diminta untuk mengeluarkan pernyataan tentang kondisi kesehatan para pemimpin dan menjawab kekhawatiran publik soal hal itu.

Terkait isu minum dengan dua tangan, menurut para ahli, gaya Trump minum dengan dua tangan sudah terlihat sejak setidaknya 2017, sebagaimana dilaporkan Mirror. Trump juga pernah menjadi perbincangan karena minum dari botol air menggunakan dua tangan selama pembicaraan perdagangan di Jepang.

Namun, menurut Psikiater Yale, Dr Bandy Lee, gaya minum Trump memang tidak biasa dan menunjukkan tanda-tanda neurologis persisten. "Ini adalah tanda neurologis persisten yang, jika digabungkan dengan yang lain, akan cukup memprihatinkan sehingga memerlukan pemindaian otak." katanya di Twitter.

Momen Trump yang tidak terlihat cukup sehat itu langsung dijadikan sebagai bahan kritik oleh salah satu penggalang dana Joe Biden, saingan Trump dalam pemilu AS mendatang. "Video terbaru memperjelas bahwa ada sesuatu yang salah secara medis dengan Trump. Cara dia berjalan, bagaimana dia memegang segelas air, kata-katanya yang cadel, penyimpangan pikirannya. Apa yang disembunyikan Gedung Putih?," kata Jon Cooper di Twitternya.

Sebelumnya baru-baru ini Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa presiden dalam keadaan sehat di usianya saat ini. Trump sendiri berulang kali menegaskan bahwa dirinya sangat sehat.

[Gambas:Video CNBC]


[Gambas:Video CNBC]

(res/res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading