Sekolah Mulai Minggu Ketiga Juli, Tapi Tetap Belajar Online

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
09 June 2020 14:02
Sekolah di depok terapkan pencegahan virus corona. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai sesuai dengan waktu yang telah direncanakan seperti tahun sebelumnya.

Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Efi Mulyani mengatakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya di mana tahun ajaran dimulai pada Pekan ketiga Juli dan selesai pada akhir Juni 2021, namun bukan berarti secara tatap muka.

"Artinya model pembelajaran tergantung kondisi. Sekolah-sekolah akan jarak jauh. Ini sebagaimana diketahui ada berbagai alternatif," ujarnya saat video conference di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (9/6/2020).


Beberapa alternatif tersebut antara lain melalui internet, stasiun televisi, hingga radio. Tersedia juga pembelajaran melalui modul-modul yang bisa dipelajari secara mandiri.

"Ini memerlukan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua," katanya lagi.

Menurutnya, pandemi saat ini memberikan banyak pelajaran, salah satunya adalah bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan oleh insan pendidikan yaitu anak, orang tua murid hingga guru. Meski ada daerah-daerah yang harus beradaptasi dengan teknologi, namun menurutnya terjadi percepatan adaptasi teknologi.

"Hal-hal yang terjadi sebelum pandemi, menjadi catatan dalam sejarah terkait teknologi ini," pungkasnya.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading