Proyek Tol Paling Baru: Sentul-Karawang Sampai Bogor-BSD!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 May 2020 15:08
Beberapa proyek jalan dan jembatan yang dibiayai SBSN adalah pembangunan Jalan Akses Bandara Kertajati, Fly Over (FO) Gombong, Jalan Tol Solo-Kertosono yang menjadi porsi Pemerintah, Jembatan Musi IV, Jalan Nasional Sofi-Wayabula, Jalan Nasional Tapan-Batas Bengkulu, pembangunan jalan perbatasan di Provinsi NTT, pembangunan jalan trans dan perbatasan Papua, dan pembangunan jalan perbatasan Kalimantan Barat. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan pemerintah tengah melakukan market sounding sejumlah proyek jalan tol terbaru. Berdasarkan catatan pemerintah, setidaknya ada 10 proyek tol baru yang siap ditawarkan, antara lain:

1. Ruas tol Solo - Yogyakarta (konstruksi September - Oktober)
2. Ruas tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya)
3. Ruas Tol Patimban
4. Ruas Tol Bogor - Serpong (BSD)
5. Ruas Tol Sentul Selatan - Karawang Barat
6. Ruas Tol Pelabuhan Semarang
7. Ruas Tol Semarang - Balaraja
8. Ruas Tol Cikunir - Karawaci
9. Ruas Tol Cikunir - Ulujami
10. Multi lane free flow atau pembayaran tol tanpa buka pintu.

Basuki juga membeberkan sejumlah ruas jalan tol baru dan yang siap diresmikan oleh pemerintah dalam waktu dekat. Ia mengemukakan bahwa nilai investasi untuk keseluruhan proyek pembangunan jalan tol sebesar Rp 396 triliun.


"Progresnya sampai Juni ini yang bisa diresmikan adalah Banda Aceh - Sigil Seksi IV sepanjang 14 kilometer. Sekarang sedang uji layak untuk diresmikan pengoperasiannya," kata Basuki di Jakarta, Jumat (29/5/2020).



Selain, ruas jalan tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 131 km yang masuk dalam bagian Trans Sumatera pun siap diresmikan. Begitu pula, dengan ruas tol Manado - Bitung sepanjang 21 km, Balikpapan - Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km pun sudah siap.

"Kemudian yang mungkin sampai akhir tahun Pettarani - Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off-nya. Kemudian Cibitung - Cilincing di JOOR dan Kriyan - Legundi - Bunder Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan," katanya.


[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Jokowi Mau Bangun Tol 18X Panjang P. Jawa, Ini yang Konkret


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading