Jokowi Pastikan Proyek Tanggul Laut Anti Banjir DKI Berlanjut

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 May 2020 14:28
Sejumlah pegawai dari Badan Pertahanan Nasional (BPN) melakukan pengukuran di titik nol (awal)  proyek tanggul laut raksasa lanjutan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tahap dua di kawasan Cilincing, Jakarta Utara,  Kamis (4/7). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan proyek tanggul laut senilai Rp 5,68 triliun akan tetap dilanjutkan Pembangunan proyek ini nantinya akan menentukan nasib tanggul laut raksasa yang berada di perairan Utara Jakarta ke depan.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui video conference.

"Dijelaskan pak Basuki [Menteri PUPR] satu proyek tanggul laut Rp 5,68 triliun, satu program smelter, satu proyek penyediaan lahan pangan yang berada di Kalimantan Tengah dan ini sedang disiapkan juga," kata Airlangga.


Sejumlah pegawai dari Badan Pertahanan Nasional (BPN) melakukan pengukuran di titik nol (awal)  proyek tanggul laut raksasa lanjutan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tahap dua di kawasan Cilincing, Jakarta Utara,  Kamis (4/7). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Sejumlah pegawai dari Badan Pertahanan Nasional (BPN) melakukan pengukuran di titik nol (awal) proyek tanggul laut raksasa lanjutan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) tahap dua di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (4/7). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Airlangga menjelaskan proyek tanggul laut akan dimasukkan dalam 15 proyek dalam program baru yang diprioritaskan. Dari 245 total proyek yang diajukan, setidaknya ada 89 proyek yang direkomendasikan sebagai proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 1.422 triliun.

"Ini terdiri dari 56 proyek merupakan program usulan baru, 10 proyek merupakan proyek perluasan, dan 15 proyek dikelompokkan dalam program baru, dan 8 proyek ketenagalistrikan," katanya.

Sebagai informasi, pemerintah saat ini memang tengah mencari investor untuk menggarap proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karian, Serpong. Proyek ini akan menjadi bagian dari National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading