Internasional

Awas Konfrontasi, AS Warning Keras Iran di Teluk Arab?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
20 May 2020 13:15
Kapal perang AS
Jakarta, CNBC IndonesiaMiliter AS mengeluarkan peringatan yang sepertinya ditujukan pada militer Iran di Teluk Arab. AS meminta semua kapal asing menjaga jarak 100 meter dari kapal perangnya, jika tidak mau terkena langkah defensif negara itu.

AS bahkan berujar kapal yang mendekat akan dianggap ancaman. Meski Komando Pusat Angkatan Laut AS yang bermarkas di Bahrain, mengatakan peringatan hanya untuk memastikan keselamatan tiap kapal di kawasan.




"Mendekati 100 meter dari kapal angkatan laut AS dapat diartikan sebagai ancaman," tulis teks pemberitahuan yang diposting secara online oleh Angkatan Laut AS, Selasa (19/5/2020).

Meski tidak menyebut Iran, Reuters menulis, banyak pihak menyakini ini adalah warning AS pada Tehran. Pasalnya keduanya sempat bersitegang di Laut Arab baru-baru ini.

Pasalnya enam kapal perang AS sempat dikepung 11 kapal militer Iran dengan jarak 10 meter. Bahkan kapal Iran beberapa kali memutari buritan kapal perang AS selama satu jam.

Aksi itu dianggap AS dan provokatif. Presiden AS Donald Trump malah meminta pasukannya menembak Iran jika hal tersebut terjadi lagi.



Sementara Iran membela diri dengan mengatakan AS memasuki kawasannya. AS disebut melanggar batas konstitusional negara itu saat berpatroli.


Ketegangan meningkat pada 2018 lalu, setelah Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir. Di bawah Trump, AS menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan ekonomi Iran.



Ketegangan AS dan Iran tidak hanya terjadi di Laut Arab, tapi juga Laut Karibia. AS diperkirakan Iran bakal menganggu tanker pengiriman minyaknya ke Venezuela, mengingat kedua negara disanksi negara adi daya itu.


[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading