Hotel-Hotel Dijual Dadakan Saat Corona, Tanda Apa Ini?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
29 April 2020 10:08
Ilustrasi PSBB. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Di platform e-commerce jual beli barang bekas bertebaran penjualan hotel-hotel mewah. Di Jakarta Selatan saja beberapa hotel berbintang dengan nama terkenal dijual oleh pelapak dengan harga Rp 750-950 miliar yang diposting bulan April 2020.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani sempat menanggapi soal fenomena tersebut. Ia bilang penjualan hotel saat pandemi corona saat ini memang ada, beberapa pengusaha perlu mendapat uang tunai karena kesulitan cashflow.

"Kalau yang jual memang sekarang ada, cuma nggak jual terbuka seperti di e-commerce, karena masalah cashflow corona ini. Nyari lawan pembeli saat ini memang tak mudah," kata Hariyadi kepada CNBC Indonesia, Rabu (29/4).




Ia bilang sangsi dengan pelapak yang menjual hotel hingga ratusan miliar rupiah di platform e-commerce. Hariyadi punya pengalaman kurang menyenangkan dengan hotel miliknya yang tiba-tiba terpampang dalam situs jual beli online.

"Saya nggak yakin, sering orang ngaur, soalnya ada beberapa kejadian, kurang ajar, properti saya dijual, nggak bisa dikontak orangnya," katanya.

Menurutnya penjualan hotel biasanya dilakukan sesama antar pengusaha, tak dijual terbuka ke umum.

"Kalau mau jual nggak akan terbuka, siapa yang punya duit segitu, kayak makalaran aja, biasanya kita transaksi sama yang kenal," katanya.

Sebelumnya Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk Stefanus Ridwan mengaku selama pandemi corona ini sering ditawari tanah dan hotel untuk dijual oleh sesama rekan bisnisnya. Ini karena banyak pengusaha butuh uang tunai kala pandemi, tapi ia menolaknya karena saat ini bukan prioritas untuk investasi.

Ia bilang ketidakpastian situasi membuat pengusaha ragu untuk mengambil keputusan, apalagi sampai mengeluarkan miliaran hingga triliunan rupiah untuk pembelian lahan atau aset properti lainnya. "Udah pasti turun dan yang beli juga nggak ada. Hotel ratusan yang ditawarin ke saya," ungkapnya.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading