Jokowi Mau Buka Pintu Buat Turis Asing, Sudah Aman Nih?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
16 April 2020 12:45
Infografis: Turis asal mana yang Paling Sering Wisata ke RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi virus corona atau Coronavirus Desease-2019/Covid-19 bisa selesai pada akhir 2020. Selepas itu, aktivitas masyarakat di seluruh dunia bisa kembali normal bahkan para pelancong siap pelesiran lagi.

"Saya meyakini ini hanya sampai pada akhir tahun. Tahun depan akan menjadi booming bagi pariwisata. Jangan terjebak pada pesimisme karena masa Covid-19," tegas Kepala Negara.


Kalau melihat data terkini, Jokowi benar. Dengan catatan tidak ada gelombang kedua, ketiga, dan seterusnya, laju penyebaran virus corona memang terus melambat.


Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, per 15 April terdapat 1.914.916 orang pasien positif corona di seluruh dunia. Naik 3,8% dibandingkan sehari sebelumnya.

Walau masih naik, tetapi laju penambahan pasien baru terus berkurang. Kenaikan 3,8% adalah yang terendah sejak 10 Maret. Kurva penambahan pasien baru sudah semakin mendatar.




Pada 2019, wisatawan mancanegara (wisman) terbanyak adalah dari Malaysia, China, dan Singapura. Sepanjang tahun lalu, jumlah kunjungan wisman dari Malaysia adalah 2,98 juta. Sementara jumlah kunjungan wisman China adalah 2,07 juta dan Singapura 1,93 juta.

Bagaimana perkembangan penyebaran virus corona di negara-negara tersebut? Apakah sudah membaik sehingga aman bagi Indonesia untuk bersiap menyambut mereka?

[Gambas:Video CNBC]



Malaysia dan China Membaik, Singapura Perlu Diwaspadai
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading