Dampak Masif Covid-19, Sri Mulyani: Ada Winner, Ada Loser

News - Lidya Julita Sembiring-Kembaren, CNBC Indonesia
06 April 2020 13:58
Pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) sudah berdampak ke bidang ekonomi.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19) sudah berdampak ke bidang ekonomi. Namun, tidak semua sektor merasakan dampak negatif, justru ada yang mampu mengambil peluang dan tumbuh tinggi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai serangan Covid-19 akan memukul sejumlah sektor dengan signifikan. Misalnya pariwisata, hotel dan restoran, transportasi, pertambangan, sampai otomotif.

"Ada yang jadi winner atau jadi loser. UMKM untuk Covid-19 terdepan kena dampak. Tidak ada kegiatan sosial sehingga menciptakan kesulitan," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja virtual dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/4/2020).

Akan tetapi, lanjut Sri Mulyani, justru ada sektor usaha yang bisa bertahan dan menjadi pemenang. Contohnya adalah jasa logistik, telekomunikasi, elektronika, dan farmasi. "Termasuk APD (Alat Pelindung Diri) dan masker," ujarnya.



Namun secara keseluruhan, Sri Mulyani menegaskan bahwa pandemi Covid-19 menciptakan tekanan hebat terhadap perekonomian dunia. Kini, resesi sepertinya sudah menjadi sesuatu yang pasti.

"Untuk mencegah penularan dilakukan langkah-langkah social distancing sampai karantina dan lockdown. Muncul disrupsi di sektor produksi dan volatilitas di pasar keuangan. Dengan gejolak ini, proyeksi berbagai negara akan mengalami resesi," katanya.

[Gambas:Video CNBC]





(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading