IMF Bilang Ekonomi Dunia Sudah Resesi, Apa Kata BI?

News - Lidya Julita Sembiring-Kembaren, CNBC Indonesia
31 March 2020 15:11
Dana Moneter Internasional (IMF) menilai saat ini perekonomian dunia sudah resesi. Bagaimana pandangan Bank Indonesia?

Jakarta, CNBC Indonesia - Dana Moneter Internasional (IMF) menilai saat ini perekonomian dunia sudah resesi.

"Kami memperkirakan ada pemulihan pada 2021, bahkan mungkin dalam kisaran yang lumayan tinggi. Syaratnya, kita harus sukses meredam penyebaran virus ini di mana pun dan kita mampu mencegah masalah likuiditas agar tidak melebar menjadi isu penyelamatan (solvancy)," ungkap Kristalina Georgieva, Direktur Pelaksana IMF, dalam keterangan pers usai pertemuan International Monetary and Financial Committee (IMFC).

Bagaimana pandangan Bank Indonesia? Apakah proyeksi IMF akan membuat MH Thamrin mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik (lagi)?


Merespons proyeksi IMF, Gubernur BI perry Warjiyo mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan pemerintah. Akan dikaji sejauh mana dampak resesi perekonomian global (jika terjadi) terhadap perekonomian nasional.

"Kami terus berdiskusi intens dengan pemerintah, kami berdiskusi ini terutama dengan Menteri Keuangan. Bagaimana melihat resesi global dan dampak langsungnya ke Indonesia, tidak hanya masalah perdagangan dan juga mobilitas manusia, baik langsung dan tidak langsung," kata Perry kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, dalam briefing perkembangan ekonomi terkini, Selasa (31/3/2020).

Saat ini, ungkap Perry, BI dan pemerintah sedang melakukan finalisasi proyeksi ekonomi terbaru. Termasuk apakah ada kebutuhan untuk stimulus fiskal yang lebih besar.

"Nanti akan diumumkan resmi oleh pemerintah. Akan saya sampaikan lebih lanjut," ujarnya.

Sebelumnya, BI sudah mengubah proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020 dari 5-5,4% menjadi 4,2-4,6%.




[Gambas:Video CNBC]




(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading