Internasional

Kasus Corona Naik di RI, Inggris Minta Warga Pulang Kampung

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
27 March 2020 18:24
Kedutaan Inggris meminta warganya untuk pulang ke Inggris.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Inggris menyarankan warganya yang ada di Indonesia untuk kembali ke Inggris di tengah meningkatnya jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia. Sebab, jika jumlah kasus terus meningkat di Indonesia, ada kemungkinan sistem kesehatan Indonesia saat ini tidak akan bisa melayani secara maksimal.

"Akses ke perawatan kesehatan rutin dan darurat untuk warga negara Inggris mungkin terbatas," jelas Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dalam rilisnya, Jumat (27/3/2020).

Selain karena alasan itu, anjuran tersebut juga dikeluarkan karena saat ini semakin banyak negara yang menutup perbatasan dan juga maskapai yang menangguhkan penerbangan, sehingga apabila ingin pulang di kemudian hari mungkin akan semakin sulit.


"Jumlah penerbangan internasional ke luar negeri berkurang setiap hari, jadi Anda mungkin tidak dapat meninggalkan Indonesia sesuai rencana. Penerbangan dan evakuasi medis mungkin akan sangat sulit diperoleh, atau menjadi sangat mahal jika Anda tidak segera berangkat," ujar kedutaan.

"Oleh karena itu warga negara Inggris di Indonesia yang ingin pergi, harus membuat pengaturan untuk melakukannya sesegera mungkin. Ada risiko nyata yang tidak dapat Anda tinggalkan nanti jika Anda tetap di sini (Indonesia)."

Untuk warga yang ingin kembali, Kedutaan mengatakan mereka sebaiknya melakukan reservasi penerbangan dengan maskapai komersial sesegera mungkin. Sementara bagi warga yang ingin tinggal di Indonesia, maka akan dapat memperpanjang visa mereka.

"Penerbangan masih tersedia saat ini, terutama dari Jakarta. Kami telah menerima jaminan Anda tidak akan dikarantina jika transit di Indonesia (misal, Bali ke Jakarta) jika Anda tidak menunjukkan gejala. Silakan hubungi maskapai penerbangan atau agen perjalanan Anda segera untuk mengatur penerbangan Anda jika Anda ingin pergi," bunyi seruan itu lagi.

"Untuk warga negara Inggris yang memilih untuk tinggal di Indonesia selama periode ini, silakan ikuti saran dari otoritas setempat. Anda harus siap untuk mematuhi persyaratan isolasi, pengujian atau karantina setempat, dan harus bergantung pada sistem kesehatan setempat."

Lebih lanjut, Kedutaan juga merekomendasikan semua orang Inggris secara rutin memeriksa update terkait perkembangan tentang keselamatan dan keamanan, persyaratan masuk dan peringatan perjalanan di Indonesia di laman https://www.gov.uk/guidance/travel-advice-novel-Coronavirus.



"Jika Anda menghadapi kesulitan langsung, Anda dapat menghubungi kami 24/7 di Telepon lokal: 021 23565200 - Anda perlu mendengarkan opsi menu dan memilih 'Bantuan Konsuler Darurat',"

"Anda juga dapat mengirimi kami Pesan Langsung di Facebook (Kedutaan Besar Inggris di Jakarta), Instagram atau Twitter (keduanya @UKinIndonesia) jika Anda memiliki pertanyaan; tetapi harap waspadai mungkin ada penundaan dalam menanggapi akibat banyaknya volume pertanyaan yang ada saat ini," tutup kedutaan.


[Gambas:Video CNBC]




(res/res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading