Pemerintah Sebar 500 Ribu Rapid Test Kit Corona ke Seluruh RI

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
27 March 2020 17:18
Rapid test tahap awal dilakukan untuk penyaringan kasus dari kontak dekat dari pasien positif yang dirawat di rumah sakit.
Jakarta, CNBC Indonesia- Demi menyaring pasien yang positif COVID-19 atau virus corona, pemerintah mendistribusikan 500 ribu test kit ke seluruh Indonesia. Rapid test tahap awal dilakukan untuk penyaringan kasus dari kontak dekat dari pasien positif yang dirawat di rumah sakit.

"Kalau ada yang rapid test dan hasilnya negatif jangan memaknai bebas dari penyakit ini, karena biasanya antibodi masih belum terbentuk jika terpapar kurang dari 7 hari dan virusnya masih berproses," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto, Jumat (27/03/2020).

Yurianto mengatakan jika di awal rapid test hasilnya negatif, masih perlu dilakukan tes dalam periode 7 hari kemudian. Dia mengingatkan jika hasilnya negatif, bukan berarti kebal terhadap virus ini hanya saja belum terpapar dan masih ada kemungkinan terkena.



"Masih sangat mungkin bisa terinfeksi, apabila kontak dekat dengan kasus positif dilakukan dan tidak melakukan jaga jarak. Rapid test bukan jaminan kita tidak sakit, pahami ini dengan tujuan rapid test sebagai isyarat untuk lebih berhati-hati," katanya.

Hingga Jumat (27/03/2020) ada penambahan 153 kasus positif virus corona, sehingga total kasus positif corona mencapai 1046 kasus. Sementara itu kasus kematian akibat corona bertambah 9 orang sehingga total menjadi 87 orang. Adapun kasus sembuh juga bertambah 11 sehingga total 46 orang.

"Posisi sekarang 27 Maret pukul 12.00 ada 1046 kasus akumulatif, 46 sembuh akumulatif dan meninggal 87 akumulatif," ujar Yuri.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading