Corona Tambah Ngeri, Awas Resesi!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 March 2020 11:51
Dampak penyebaran virus corona terhadap perekonomian dunia benar-benar terasa.
Skenario terburuk dari semua ini adalah resesi di sejumlah negara. Bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) cabang New York dan Cleveland secara berkala memproyeksi probabilitas resesi di Negeri Paman Sam. Pembacaan terbaru layak dikhawatirkan.

The Fed Cleveland memperkirakan kemungkinan resesi di AS pada Februari 2021 adalah 32,89%, naik dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 27,36%. Sementara The Fed New York meramal kans resesi pada Februari 2021 adalah 30,73%, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 25,2%.





Negara lain yang juga berisiko mengalami resesi adalah Jepang. Mengutip riset Japan Center for Economic Research (JCER), indikator proyeksi resesi di Jepang pada periode Desember 2019 adalah 54,8%. Turun dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 68,6%.

Namun, JCER memberi catatan bahwa alarm penanda resesi bakal segera tiba sudah berbunyi ketika indikator berada di atas 67 selama dua bulan beruntun. Sayangnya, indikator ini sempat berbulan-bulan di atas 67.

 


Singapura juga terancam jatuh ke resesi. Padahal ekonomi Negeri Singa baru bangkit pada kuartal IV-2019 degan mencatatkan pertumbuhan 1% year-on-year (YoY) setelah dua kuartal sebelumnya hanya tumbuh di bawah 1%.



"Ini mungkin angka bagus terakhir yang akan kita lihat setidaknya dalam dua kuartal ke depan. Kami mewaspadai risiko resesi teknikal di Singapura," kata Lee Ju Ye, Ekonom Maybank, seperti dikutip dari Reuters.


Sebelumnya, bahkan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Liong memperkirakan bukan tidak mungkin negara yang dipimpinnya mengalami resesi. "Dampaknya akan signifikan, setidaknya dalam beberapa kuartal ke depan. Penyebaran (virus Corona) sangat intensif. Saya tidak bisa mengatakan bahwa Singapura akan resesi atau tidak. Bisa saja, tetapi yang jelas perekonomian Singapura akan terpukul," ungkap Lee, seperti diberitakan Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading