Ini Cerita Menlu Retno Soal Evakuasi WNI dari Wuhan

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
18 February 2020 20:14
Ini Cerita Menlu Retno Soal Evakuasi WNI dari Wuhan
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China pada awal bulan, dan yang setelahnya dikarantina di Natuna selama 14 hari, telah dikembalikan ke keluarga mereka masing-masing dalam keadaan sehat.

"Pada Sabtu yang lalu saudara-saudara kita sudah kembali ke keluarga masing-masing." kata Retno, di kementerian luar negeri RI, Selasa (18/2/2020).

Sebelumnya, menurut Plt Jubir Kemlu Teuku Faizasyah ada sebanyak 238 WNI yang pulang ke Indonesia pada saat itu.


Dalam kesempatan itu, Retno juga menceritakan perjalanan panjang proses evakuasi para WNI tersebut. Ia mengatakan, proses evakuasi dimulai pada tanggal 1 Februari, saat tim yang termasuk menteri kesehatan dan juga panglima TNI dilepas untuk menjemput para WNI di Wuhan.




Wuhan adalah kota tempat awal munculnya wabah coronavirus yang mematikan.

Setelahnya Retno menyebut, pihaknya melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak-pihak yang membantu evakuasi, termasuk staf KBRI di Beijing dan para tim aju, sebelum akhirnya menempuh berbagai hal sehingga bisa menerbangkan para WNI ke Natuna.

"Merencanakan dan melaksanakan evakuasi seperti ini tentunya bukan merupakan hal yang mudah. Namun demikian dengan kerja sama dan kerja keras semua pihak maka evakuasi ini dapat dijalankan dengan baik." katanya.

"Oleh karena itu secara resmi sekali lagi saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, bergotong royong, bekerja sama membantu evakuasi saudara-saudara kita dari provinsi Hubei menuju Indonesia."

Wabah virus corona yang mirip SARS tersebut memang telah membuat banyak negara melakukan evakuasi terhadap warganya dari China, khususnya kota Wuhan. Ini dikarenakan virus corona dapat menyebar dengan cepat dan telah menewaskan banyak orang dalam waktu singkat.

Per hari ini, sedikitnya sudah ada 73.335 kasus corona yang dikonfirmasi. Dengan jumlah korban tewas mencapai 1.873 dan korban sembuh 12.803.


[Gambas:Video CNBC]









(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading