Internasional

Dituding AS Pembohong, Jawaban China: Buang Waktu

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 February 2020 16:10
China berkomentar atas tudingan AS soal kebohongan yang dilakukan Negeri Tirai Bambu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi berkomentar atas tudingan pembohong yang disampaikan dua pejabat seniorĀ Amerika Serikat dalam Konferensi Keamanan Munich di Jerman akhir pekan lalu. Ia bahkan dengan tegas menolak tudingan tersebut.

Wang mengatakan bahwa kritik AS terhadap Beijing adalah kebohongan. Di sisi lain, Wang juga menyalahkan Washington atas hubungan yang kacau antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut.

"Akar penyebab semua masalah dan masalah ini adalah bahwa AS tidak ingin melihat perkembangan dan peremajaan China yang cepat," kata Wang sebagaimana dikutip Reuters.


"Ini telah menjadi skenario umum, mereka pada dasarnya mengatakan hal yang sama kemanapun mereka pergi tentang China dan saya tidak ingin membuang waktu untuk menanggapi setiap dan semua yang mereka katakan. Yang ingin saya katakan adalah bahwa semua tuduhan terhadap China ini bohong dan tidak berdasarkan fakta."

Ia pun menambahkan tugas yang paling penting bagi China dan AS saat ini adalah duduk bersama sambil menggelar dialog serius untuk menemukan jalan bagi dua negara besar, dengan sistem sosial yang berbeda, untuk hidup dalam harmoni dan berinteraksi dalam damai.

"China siap dan kami berharap AS akan bekerja dengan kami dalam arah yang sama," katanya.

Sebelumnya, dalam konferensi pers di kegiatan yang sama, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper menuding China melakukan kebohongan. Salah satunya terkait perbatasan ZEE dengan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Bahkan Esper mengatakan bahwa Beijing telah melakukan manipulasi pada tantangan berbasis aturan internasional yang sudah lama ada.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading