Internasional

Dihajar Corona, Thailand Beri Stimulus Genjot Pariwisata

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 February 2020 16:46
Dihajar Corona, Thailand Beri Stimulus Genjot Pariwisata Foto: Persiapan Raja Thailand untuk menyapa masyarakat. (REUTERS/Jorge Silva)
Jakarta, CNBC IndonesiaThailand berencana meluncurkan paket stimulus bulan depan untuk membantu industri pariwisata yang terdampak wabah corona. Hal itu disampaikan Wakil Perdana Menteri Menteri Somkid Jatusripitak, Jumat (14/2/2020).

"Paket itu akan mencakup langkah-langkah untuk mendukung bisnis guna memperlambat PHK dan mempromosikan perjalanan domestik," kata Jatusripitak kepada wartawan setelah mengadakan pertemuan, sebagaimana dilaporkan AFP.




Pemerintah Thailand memperkirakan jumlah wisatawan asing turun 5 juta orang tahun ini dari 39,8 juta tahun lalu karena wabah mematikan asal Wuhan, China itu.

Virus corona memang telah membawa dampak yang buruk pada ekonomi, utamanya 'menyerang' sektor pariwisata banyak negara. Sebab, setelah wabah ini merebak, berbagai penerbangan dari dan ke China banyak yang ditangguhkan.

Per hari ini, sudah ada sedikitnya 26 negara yang melaporkan wabah coronavirus, yang mana jumlah infeksinya telah mencapai lebih dari 64.241 kasus di seluruh dunia. Sementara jumlah korban tewas mencapai hampir 1.500 orang.





Sebelumnya selain Thailand, pemerintah Malaysia juga berencana meluncurkan paket stimulus untuk menopang ekonominya yang terdampak virus corona asal Wuhan, China. Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan industri pariwisata menjadi yang paling terpengaruh dari wabah itu.

Padahal, Malaysia sedang menggelar kampanye Visit Malaysia 2020 untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Namun, corona malah membuat jumlah kedatangan mengalami penurunan.

"Ketika kami mengumumkan kampanye, kami tidak memprediksi kehadiran (wabah) corona. Tapi sekarang, kami sampai harus melarang maskapai terbang ke beberapa daerah di China," katanya dalam sesi tanya jawab dengan perusahaan multinasional Prancis, mengutip laporan Channel News Asia.


[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading