Usai Prabowo ke Moskow, RI-Rusia Latihan Perang di Laut Jawa

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
13 February 2020 11:29
Demikian disampaikan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva dalam temu media di Jakarta, Rabu (12/2/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Angkatan Laut Rusia akan menggelar latihan bersama TNI Angkatan Laut di Laut Jawa. Sejauh ini, waktu latihan belum pasti, namun diperkirakan akan digelar pada akhir tahun ini. Demikian dikatakan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva dalam temu media di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Sebelum mengemukakan rencana latihan bersama itu, Lyudmila mengofirmasi telah menemui Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (10/2/2020), seperti dikutip cnnindonesia.com, Kamis (13/2/2020).

Kunjungan itu merupakan kunjungan kedua Lyudmila dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara yang sudah terjalin erat dan mencapai pada level hubungan kemitraan strategis.


"Alasan pertemuan ini seperti yang kalian tahu beliau sebelumnya mengunjungi Moscow. Beliau mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shogyu. Hasil pertemuan ini dari pandangannya, sejauh yang kami tahu, dia happy dengan meeting ini. Banyak isu yang sudah didiskusikan termasuk bagaimana cara mempromosikan kerjasama pertahanan ke depannya antara kedua negara," ujar Lyudmila.



Ia menuturkan akan ada lebih dari 40 kegiatan di antara kedua negara, termasuk pertukaran delegasi dan pendidikan. Beberapa waktu lalu, sudah ada tiga orang dari Indonesia yang belajar di institusi militer milik Rusia.

"Tapi itu hanya awal. Saya berharap kita (Rusia dan Indonesia) bisa menggelar latihan bersama untuk pertama kali antara kedua negara dan juga antara Rusia dan ASEAN. Jadi banyak kegiatan dan rencana," kata Lyudmila.

(miq/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading