Dubes Rusia Komentari Rencana Prabowo Borong 11 Sukhoi Su-35

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
03 February 2020 19:12
Simak penjelasan Lyudmila ketika ditemui di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengomentari rencana Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo membeli 11 pesawat tempur jenis Sukhoi Su-35 buatan Rusia. Menurut dia, kontrak pembelian itu sudah ditandatangani beberapa waktu lalu.

"Kami berharap itu akan segera diimplementasikan," ujar Lyudmila ketika ditemui di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020).

Kendati demikian, Ia tidak mengelaborasi apa yang menjadi penyebab belum diimplementasikannya kontrak pembelian itu. Namun yang pasti, menurut Lyudmila, Indonesia tidak akan rugi membeli 11 unit Sukhoi Su-35.


"Indonesia akan memiliki salah satu alat utama sistem persenjataan terbaik di dunia," kata Lyudmila.

Seperti diberitakan, rencana Prabowo membeli Sukhoi Su-35 mencuat ke publik beberapa waktu belakangan. Ini setelah pada awal pekan lalu, Ketua Umum Partai Gerindra itu bertemu dengan Menhan Rusia Sergey Shoygu di Moskow, Rusia.



Dalam pertemuan tersebut, keduanya dikabarkan membahas berbagai hal, mulai dari masalah kerja sama bilateral antara dua negara dan rencana pembelian 11 unit Sukhoi Su-35 senilai US$ 1,14 miliar (Rp 15,57 triliun dengan asumsi kurs Rp 13,658.26).

Hal itu juga telah diungkapkan secara langsung oleh Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi seperti dilaporkan cnnindonesia.com, Rabu (29/1/2020).

"Ya tadi disinggung juga (soal pembelian Sukhoi), itu tinggal tunggu proses saja," kata Wahid. "Iya (pembicaraan seputar kontrak pembelian Sukhoi) masih on. Ya segera setelah persyaratan terpenuhi (kontrak pembelian akan disepakati)," lanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading