Internasional

Kala Virus Corona yang Mematikan Serang China & Hantui Dunia

News - Rehia Sebayang & Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
23 January 2020 07:30
Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona tengah mewabah di dunia. Bahkan Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) kini akan mengambil keputusan segera, apakah perlu menetapkan status "darurat", karena virus yang masih masuk dalam keluarga SARS ini.

Rencananya keputusan diambil hari ini, Kamis (23/1/2020). Jika jawabannya adalah iya, maka ini menjadi darurat kesehatan internasional keenam yang dinyatakan dalam dekade terakhir ini.


"Keputusan yang diambil akan dengan sangat serius dan ... dengan pertimbangan yang tepat," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, sebagaimana dilansir Reuters.


"Ini adalah keputusan yang berkembang dan kompleks."

Berdasarkan data teranyar, terdapat 540 kasus penderita virus corona di China dengan jumlah korban tewas mencapai 17 orang. Bukan cuma China, sejumlah negara juga sudah mengumumkan penderita di negaranya, seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan, hingga AS.

Kali terakhir WHO menyatakan darurat kesehatan global adalah pada 2019 untuk wabah Ebola di Kongo Timur yang menewaskan lebih dari 2.000 orang. Organisasi ini juga menyatakan keadaan darurat global untuk virus Zika di tahun 2016, wabah polio dan Ebola tahun 2014, serta flu babi H1N1 tahun 2009.




[Gambas:Video CNBC]




Berawal dari China
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading