Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Terus Siaga Ancaman Banjir

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 January 2020 14:48
Jokowi mengingatkan kepada menteri dan kepala daerah untuk siaga banjiir.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut terjun membantu mengatasi banjir yang melanda Ibu Kota dalam beberapa hari terakhir. Ia juga meminta para kepala daerah untuk terus siaga dari potensi ancaman banjir.

Hal tersebut ditekankan Jokowi saat membuka sidang kabinet perdana di 2020 dengan topik penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 di Istana Negara.

"Yang berkaitan dengan bantuan, mungkin di Kementerian BUMN bisa menggerakkan BUMN agar bergerak," kata Jokowi, Senin (6/1/2020).




Ia meminta Erick Thohir, Jokowi juga meminta jajaran kementerian terkait ikut serta dalam upaya mengatasi banjir. Baik itu dari sisi bantuan medis, maupun bantuan dalam bentuk lainnya.

"Berkaitan dengan banjir, ini agar seluruh kementerian yang berkaitan dengan banjir benar-benar terus terjun ke bawah," katanya.

"Baik soal kesehatan berarti Menteri Kesehatan [Terawan Agus Putranto], bantuan Menteri Sosial [Juliari Batubara]. Meskipun saya lihat semuanya sudah bergerak namun saya ingatkan lagi," katanya.

Jokowi pun meminta agar setiap kepala daerah kembali diingatkan, terutama dalam mengantisipasi bencana banjir. Apalagi, dalam beberapa minggu ke depan diperkirakan wilayah Ibu Kota akan menghadapi cuaca ekstrem.

"Kementerian Dalam Negeri tolong diingatkan seluruh kepala daerah agar semuanya waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana, terutama dalam musim hujan ekstrem seperti sekarang ini," jelasnya.

"Ada persiapan, ada perencanaan, ada persiapan evakuasi. Kemudian agar disampaikan oleh TNI-Polri agar setiap kejadian secepatnya bisa membantu ke lapangan. Juga Basarnas dan juga BNPB, perintah tak perlu saya ulang lagi," katanya.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading