Naik 61%, Bank Mandiri Targetkan KPR FLPP Rp 400,6 M di 2020

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
19 December 2019 16:03
Naik 61%, Bank Mandiri Targetkan KPR FLPP Rp 400,6 M di 2020
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) siap menyalurkan kredit kepemilikan rumah (KPR) berskema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk meningkatkan akses masyarakat pada rumah layak huni dengan harga yang terjangkau.

Pada tahun 2020, Bank Mandiri menargetkan penyaluran KPR FLPP sebesar Rp 400,6 miliar, atau naik 61% dari limit penyaluran tahun ini yang sebesar Rp 248,3 miliar.

KPR FLPP sendiri merupakan program pembiayaan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dengan fitur produk antara lain Suku Bunga 5%, Jangka Waktu Panjang, Angsuran Terjangkau, asuransi, Bebas Premi Asuransi, Bebas PPN, Uang Muka Ringan. Program ini sendiri telah diperkenalkan kepada masyarakat sejak 2010.



Direktur Consumer & Retail Transactions Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan pihaknya telah memiliki sistem penunjang, jaringan infrastruktur dan SDM berkualitas yang mampu merealisasikan dukungan kepada salah satu program prioritas pemerintah tersebut.

Naik 61%, Bank Mandiri Targetkan KPR FLPP Rp 400,6 M di 2020Foto: Bank Mandiri Siap Salurkan KPR FLPP. (Dok: Mandiri)

"Dalam program ini, sistem kami telah disesuaikan dengan ketentuan penyaluran FLPP yang berlaku, termasuk dalam proses persetujuan calon debitur. Hal ini sangat esensial karena terkait dengan kemampuan calon debitur dalam melunasi fasilitas yang diterima agar tidak berujung pada kredit macet," kata Hery saat menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait penyaluran program FLPP di Jakarta, Kamis (19/12/2019).


Dia melanjutkan, dari limit penyaluran KPR FLPP Mandiri 2019 sebesar Rp 248,3 miliar, sebanyak 87% atau setara dengan Rp 215,7 miliar, telah disalurkan kepada 1.681 debitur pada periode Januari - November 2019, dengan kualitas yang sangat baik, atau NPL gross di 0,8%.

"Capaian kinerja tersebut sejalan dengan keinginan Bank Mandiri untuk menjadikan bisnis KPR menjadi salah satu motor utama pertumbuhan bisnis perusahaan, khususnya dari segmen retail banking," tutur Hery.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading