Internasional

Wajar Trump Ngamuk, China Sudah Kaya Kok Dikasih Utang!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
09 December 2019 12:26

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump gusar kala mengetahui Bank Dunia masih memberikan utangan kepada China. Sang presiden ke-45 negeri adidaya menilai China adalah negara kaya yang tidak membutuhkan bantuan.

"Mengapa Bank Dunia meminjamkan uang kepada China? Apakah ini mungkin? China punya banyak uang, kalau pun tidak mereka akan mencetaknya. HENTIKAN!" cuit Trump di Twitter, akhir pekan lalu.


Sejak 1947, China sudah mendapatkan utangan US$ 62,79 miliar dari Bank Dunia. China menjadi negara terbesar kedua setelah India dalam hal menikmati utang dari Bank Dunia.


 


Saat ini, China mendapat pinjaman dari International Bank for Reconstruction and Development (IBRD). Berbeda dengan International Development Association (IDA) yang hanya diberikan kepada negara-negara miskin (pendapatan per kapita di bawah US$ 1.175/tahun), IBRD berhak dinikmati oleh negara-negara berpendapatan rendah dan menengah yang punya risiko rendah.

Pertanyaannya, apakah China negara berpendapatan rendah atau menengah? Tidak.

Pada 2018, pendapatan China yang dihitung dengan pendekatan Gross National Income (GNI) per kapita adalah US$ 18.140/tahun. Berdasarkan pengelompokan Bank Dunia, China masuk negara berpendapatan tinggi.



Jadi memang pantas Trump marah. Lha wong China adalah negara kaya, buat apa diutangi lagi? Lebih baik uang Bank Dunia disalurkan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan...

Ini Utang China ke Bank Dunia Sepanjang 2019
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading