Tak Cuma Japek Elevated, Ini Tol Gratis di Libur Nataru

News - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
03 December 2019 07:13
Tak Cuma Japek Elevated, Ini Daftar Tol Gratis di Libur Nataru
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah bakal menerapkan operasi fungsional pada sejumlah ruas tol yang sampai saat ini masih pada tahap konstruksi. Total panjang ruas fungsional untuk masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019/2020 mencapai 134,5 Km.

"Kalau fungsional enggak ada tarifnya," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di sela rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/12/2019).


Tol-tol gratis tersebut tersebar di beberapa lokasi. Khusus di ruas yang terintegrasi dengan Tol Trans Sumatera saja, yang akan beroperasi fungsional sepanjang 42,5 Km.


Pertama, yakni Tol Kayu Agung - Palembang - Betung sepanjang fungsional sepanjang 33 Km. "Ini exit-nya di Jakabaring," kata Basuki.

Selanjutnya yang juga masuk jaringan Tol Trans Sumatera yakni ruas Tol Pekan Baru - Dumai fungsional sepanjang 9,5 Km. Adapun di Kalimantan, ruas Tol Balikpapan-Samarinda akan difungsionalkan sepanjang 66 Km.

"Balikpapan-Samarinda seksi 2 dan 4 sepanjang 66 km, secara gate to gate bisa dioperasikan," beber Basuki.

Berikutnya yakni Tol Manado-Bitung akan difungsionalkan sepanjang 26 Km. Basuki bilang, ruas tersebut sudah bisa digunakan untuk seksi 1 dari Manado ke Danowudu.

Selain tol fungsional, sejumlah ruas baru akan diresmikan dan beroperasi sebelum masa libur Nataru. Jalan Tol Trans Jawa yang operasional untuk Nataru sepanjang 1.002 km

"Termasuk Jakarta-Cikampek II Elevated 36 km yang akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019. Insya Allah gratis nanti sampai Nataru," imbuh Basuki.

Tol lain yang segera beroperasi yakni ruas Kunciran - Serpong sepanjang 11 km. Basuki menargetkan ruas tersebut akan diresmikan dan dioperasikan pada minggu ke-2 Desember 2019.

Tol Trans Jawa sendiri dilengkapi dengan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/rest area sebanyak 85 titik. Rincinya yaitu 43 rest area TIP A, 24 TIP B, dan 18 TIP C.


Selain tol, ruas jalan nasional di Jawa juga sudah siap untuk dikelola lalu lintasnya oleh Korlantas Polri. Di Lintas Utara Jawa, jalan nasional sepanjang 1.341 km dalam kondisi mantap 97%, dan Lintas Tengah Jawa sepanjang 1.197 km dalam kondisi mantap 93%.

"Sedangkan Lintas Selatan sepanjang 888 km mantap 98 persen dan Pantai Selatan Jawa sudah terhubung 1.267 km dari total 1.647 km dengan kondisi mantap 83%," kata Basuki.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan bahwa persiapan dalam menghadapi angkutan Nataru terus digencarkan. Saat ini dia mengklaim persiapannya mencapai 70%.

"Ada dua pertemuan lagi yang harus dilakukan. Pertama, akhir minggu ini kami rapat koordinasi di kantor. Kedua, minggu depan kami bersama dengan Kapolri akan melakukan video conference dengan seluruh jajaran di seluruh Indonesia," ujar Budi Karya di lokasi sama.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading