Konsep TOD Jadi Andalan Pengembang untuk Berkompetisi

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
02 December 2019 19:10
erumahan dengan konsep transit oriented development (TOD) menjadi tren di Jabodetabek karena lalu lintas semakin padat dan macet.
Jakarta, CNBC Indonesia- Perumahan dengan konsep transit oriented development (TOD) menjadi tren di Jabodetabek karena lalu lintas semakin padat dan macet. Konsumen pun mengukur keunggulan perumahan bukan lagi dari jaraknya, tetapi waktu tempuh.

Salah satu pengembang yang mengusun konsep TOD adalah PT Hanson International Tbk (MYRX) dengan tiga proyek andalan, Citra Maja Raya, Millennium City dan Forest Hill. Citra Maja Raya yang terletak di Lebak, Banten mengandalkan stasiun Maja untuk transportasi penghuninya. Stasiun tersebut hanya berjarak 600 meter dari perumahan tersebut.

Namun, Perumahan yang dikembangkan Hanson bersama Grup Ciputra dan memiliki luas 2.600 hektare ini melihat stasiun Maja memiliki keterbatasan. Alhasil pengembang pun mengajukan izin untuk membangun stasiun baru di dalam perumahan.



Calon stasiun tersebut berlokasi di Citra Maja Raya 1. Tanah tersebut tepat berada di pinggir rel Maja menuju Stasiun Tanah Abang atau Rangkasbitung.

"Nanti ada stasiun di dalam Citra Maja Raya. Lahannya sudah disiapkan," kata Manajemen Hanson kepada CNBC Indonesia, belum lama ini.

Bukan hanya di Citra Maja Raya, proyek lainnya Millennium City berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan juga berdekatan dengan stasiun Parung Panjang. Millennium City akan berdekatan dengan dua stasiun besar yakni Parung Panjang dan Cisauk. Meski belum dipastikan kapan akan dibangun akses tersebut, hal ini akan semakin memudahkan masyarakat.

Dengan begitu, sisi satu perumahan menuju stasiun Parung Panjang hanya sekitar 1,5 kilometer dan sisi satunya menuju stasiun Cisauk hanya sekitat 1-2 kilometer.

Tidak jauh dari Milennium City, ada pula hunian Forest Hill, yang juga dikembangkan oleh Hanson dan berdekatan dengan stasiun Parung Panjang. Jarak Forest Hill sedikit lebih jauh dari stasiun Parung Panjang, untuk itu perusahaan pun akan memberikan jalan pintas ke stasiun dari dalam perumahan.

"Jadi nanti ada jalan pintas ke stasiun Parung Panjang, kalau yang sekarang kan agak jauh," kata pihak manajemen.

Bukan hanya kereta api, perusahaan juga menyediakan fasilitas shuttle bus dari dalam kawasan menuju stasiun KRL.


TOD merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti kereta rel listrik (commuter line), mass rapid transportation dll.

Pengembangan TOD sangat maju dan telah menjadi tren dikota-kota besar khususnya di kawasan kota baru yang besar seperti Tokyo di Jepang, Seoul di Korea, Hongkong, Singapura, yang memanfaatkan kereta api kota serta beberapa kota di Amerika Serikat dan Eropa.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading