Duh! Kasus HIV di Malaysia Meningkat, Kok Bisa?

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
29 November 2019 16:14
Kasus HIV meningkat di Malaysia
Jakarta, CNBC Indonesia - Hubungan sesama jenis menyumbang lebih dari setengah kasus penularan HIV di Malaysia. Dari data Kementerian Kesehatan Malaysia, di 2018 kasus penularan HIV naik hingga 94%.

Ada perubahan pola penularan, dari sebelumnya yang didominasi kasus narkoba. Di mana homoseksual menyumbang sebesar 57% sementara heteroseksual sebesar 37%.


"(Untuk) kasus penularan melalui jarum pengguna narkoba hanya 3%," kata Kementerian Kesehatan seperti dilansir dari The Star Jumat (29/11/2019).


"Terlepas dari infeksi melalui hubungan seksual, HIV juga ditularkan dari ibu ke anak yang belum lahir, transfusi darah, atau transplantasi organ dan jarum yang terkontaminasi."

Menyadari hal ini, Wakil Menteri Kesehatan Malaysia Lee Boon Chye mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mengurangi jumlah kasus penularan HIV di negara itu.

Kementerian Kesehatan akan terus memberikan pengobatan gratis kepada pasien yang terinfeksi HIV untuk meningkatkan kelangsungan hidup dan kualitas hidup mereka.

"Perawatan pasien juga akan secara signifikan mengurangi risiko penularan kepada orang lain," katanya.

Sementara itu Presiden Dewan AIDS Malaysia (MAC) Bakhtiar Talhah mengatakan tingkat infeksi HIV akan terus meningkat. Terutama generasi muda antara usia 18 hingga 35.


"Secara umum, saya pikir kita memiliki kesadaran yang sangat buruk tentang kesehatan reproduksi dan pendidikan seks," katanya.

"Kami (pemerintah) tidak membekali pemuda Malaysia dengan informasi dan alat yang tepat untuk melindungi diri mereka tidak hanya dari HIV."

MAC mengkategorikan HIV sebagai masalah kesehatan masyarakat bukan masalah moral. Ia menambahkan kunci untuk mengurangi infeksi terletak pada pendidikan, kesadaran dan penegakan hak asasi manusia.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading