Sukses Poles Inter Milan, BUMN Tunggu Sentuhan Erick Thohir

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 November 2019 13:23
Baru Sebulan, Erick Thohir Sudah Pamer Gebrakan

Baru Sebulan, Erick Thohir Sudah Pamer Gebrakan

Selama sebulan berkantor di Medan Merdeka Selatan, walau baru sebulan, Erick telah membuat banyak mata berpaling. Sejumlah terobosan dibikin olehnya.

Pertama, Erick memulihkan lagi fungsi Tim Penilai Akhir (TPA) untuk memilih pimpinan BUMN. Dengan begitu, pemilihan pimpinan BUMN bisa lebih akuntabel karena melibatkan lebih banyak pihak.

Baca: Alasan Erick Beda dari Rini, Gunakan TPA Cari Direksi BUMN


Kedua, Erick melakukan 'bersih-bersih' dengan membongkar-pasang posisi direksi dan komisaris perusahaan pelat merah. Nama-nama yang dikenal punya integritas seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Chandra M Hamzah masuk menjadi komisaris BUMN.

"Kita perlu figur pendobrak supaya sesuai target. Beliau Komisaris Utama, kalau direksinya yang day to day. (Tugas Ahok) menjaga ini semua," kata Erick soal jabatan baru Ahok.

Baca: Ahok Jadi Komut, Hati-hati "Pemahaman Nenek Lo!" di Pertamina

Sebagai seorang pengusaha, Erick dititipi pesan untuk mewujudkan Indonesia Incorporated. Bagaimana mengelola perusahaan milik negara dengan global best practices sehingga menjadi korporasi berkelas dunia yang membikin Indonesia bangga.

"Ekonomi Indonesia harus dibangun bersama-sama, tidak bisa BUMN saja. Dibangun bersama swasta dan unsur-unsur lain. Kalau jadi satu kesatuan, inilah yang disebut Indonesia Incorporated," jelas Chairul Tanjung, Chairman CT Corp, usai berdiskusi dengan Erick di kantor Kementerian BUMN, beberapa waktu lalu.

Baca: Bertemu Erick Thohir, Ini Pesan CT soal Pengelolaan BUMN


Erick Thohir Bikin Inter Milan Cetak Cuan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading