Sukses Poles Inter Milan, BUMN Tunggu Sentuhan Erick Thohir

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
26 November 2019 13:23
Erick Thohir Bikin Inter Milan Cetak Cuan

Erick Thohir Bikin Inter Milan Cetak Cuan

Soal mengelola perusahaan, Erick sudah kenyang pengalaman. Selain Mahaka Media, Erick juga sempat menjadi pemilik klub sepakbola asal Italia, Inter Milan.

Menarik untuk melihat kiprah Erick di Inter. Meski tidak lama, tetapi Erick berhasil melakukan perubahan yang membuat Inter menjadi lebih baik.

Baca: Lepas Inter Milan, Erick Thohir Bisa Beli Ajax Sampai Lazio


Erick berhasil 'menyulap' Inter menjadi sebuah entitas bisnis yang menguntungkan. Mengutip Forbes, pendapatan bersih Inter pada 2013 adalah US$ 236 juta. Angka itu turun hingga ke US$ 199 juta pada 2017, sebelum melesat menjadi US$ 285 juta karena kembalinya Inter ke Liga Champions Eropa.



Rezim Eric di Giuseppe Meazza juga mampu membawa Inter lebih efisien dan mampu mengoptimalkan potensi dirinya. Ini tercermin dari pendapatan operasional bersih yang terus membaik, dari defisit menjadi surplus.



Akibatnya, nilai valuasi Inter pun meningkat. Pada 2013, valuasi Inter ditaksir US$ 401 juta dan akhir 2017 melesat menjadi US$ 537 juta.



Erick sepertinya cukup berhasil mengubah kultur keuangan di Inter. Kala Massimo Moratti menjadi Inter-1, publik Italia menjuluki klub pemegang 18 gelar juara Serie A ini sebagai 'lubang hitam'.

Kecintaan total Moratti kepada Inter membuat klub bergantung kepadanya, semua berpusat dan terhisap ke sosok sang pengusaha minyak. Moratti adalah Inter, dan Inter adalah Moratti.

Erick berhasil mengubah kultur ini, Inter dikelola layaknya perusahaan. Kinerja keuangan Inter bukan lagi bergantung kepada sosok Moratti, tetapi betul-betul menjadi sebuah korporasi.

Kisah sukses Erick di Inter diharapkan bisa direplikasi saat dirinya mengurus perusahaan-perusahaan milik negara. Kala BUMN dikelola secara profesional dan mampu mencetak laba, tentu yang bangga adalah seluruh rakyat Indonesia.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/wed)
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading