DPR Tanya Soal Garuda-Sriwijaya Pisah, Ini Jawaban Menhub

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
25 November 2019 14:53
DPR Tanya Soal Garuda-Sriwijaya Pisah, Ini Jawaban Menhub
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi diberondong pertanyaan terkait putusnya kerja sama antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air saat rapat kerja di Komisi V DPR RI. Pemutusan kerja sama ini ternyata ada dampak positifnya, menurut pendapat Budi Karya.

"Pemisahan Sriwijaya lebih positif. Terjadi persaingan harga yang baik dan harga yang mature," kata Budi Karya ketika menjawab pertanyaan para legislator, Senin (25/11/2019).

Dengan tegas Budi Karya menjawab, hal tersebut merupakan aksi korporasi yang wajar. Masing-masing perusahaan berhak menentukan langkah bisnis mereka.


"Garuda dan Sriwijaya independen untuk berdiri sendiri. Sehingga Sriwijaya melakukan kegiatan bisnisnya mandiri. Itu legal atau profesional," bebernya.

Dia pun menjelaskan, kini pemetaan permasalahan bisa lebih jelas. Semua persoalan yang sedang dihadapi Sriwijaya, tak lagi menjadi tanggung jawab Garuda Indonesia Group.



"Kalau Sriwijaya ada masalah, hanya Sriwijaya. Enggak ada korelasi dengan Garuda," tandas mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.

Ia menegaskan bahwa aspek keamanan dan keselamatan penumpang tetap jadi perhatian. Budi Karya mengaku telah meminta sejumlah laporan dari manajemen Sriwijaya Air.

"Kami juga memastikan stakeholder yang support Sriwijaya agar dilakukan profesional dan dapat bertanggung jawab. Ada maintenance dan ground handling, secara teknis Sriwijaya dapat melakukan kegiatan," tuturnya.


Persoalan duduk perkara Garuda da Sriwijaya mengakhir kerja sama bisa disimak di sini. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading