Pertamina Masih Tunggu Right Issue Tuban Petro

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
21 November 2019 16:21
Meski sudah disepakati Pertamina bakal kelola Tuban Petro, namun Pertamina masih tunggu right issue agar bisa pegang saham mayoritas
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Tuban Petrochemical Industries (TPI) resmi dikelola oleh PT Pertamina (Persero). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Senin, (18/11/2019) lalu.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Pertamina akan mengoptimalkan kilang yang sudah ada.

"Pertamina siap masuk ke dalam Tuban Petro untuk melakukan pengelolaan serta pengembangan dalam rangka memperkuat industri petrokimia nasional. Perjanjian sudah ditandatangani," kata Fajriyah saat dihubungi, Kamis, (21/11/2019).


Apalagi, imbuhnya, kilang TPPI salah satu anak usaha Tuban Petro, dengan kilang bagus dan modern. Menurutnya bagi Pertamina industri petrokimia merupakan salah satu sektor hulu yang strategis."Penyedia bahan baku untuk hampir seluruh sektor hilir sehingga menjadi potensi tersendiri untuk dikembangkan," imbuhnya.



Lebih lanjut dirinya mengatakan, saat ini pihak Pertamina belum memiliki saham di TPI. Nanti setelah semua persyaratan perjanjian terpenuhi dan juga dilakukan right issue oleh Tuban Petro. Setelah right issue nantinya Pertamina akan memegang saham mayoritas sebanyak 51%.

Sementara kalau di PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI), Pertamina sudah memiliki saham sebesar 48%. Sebagai informasi TPPI adalah anak usaha dari TPI. "Di Tuban Petro, Pertamina saat ini belum ada saham. Kan belum dilakukan right issue oleh Tuban Petronya. Berlakunya sudah (perjanjian), namun efektif menjadi pemegang sahamnya nanti setelah right issue," terangnya.



Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati didampingi oleh Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Heru Setiawan, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, serta Direktur Utama PT Tuban Petrochemical Industries Sukriyanto.

Penandatanganan tersebut terkait dengan pembelian saham baru sekaligus pengelolaan TPI oleh Pertamina sebagai tindak lanjut dari Head Of Agreement antara Kementerian Keuangan dan Pertamina pada 15 Agustus 2018 serta implementasi Peraturan Pemerintah No. 66 tahun 2019 tentang penambahan penyertaan modal negara ke dalam modal saham PT Tuban Petrochemical Industries.





[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading