Kuasai TPPI, Pertamina Ingin Ubah Jadi Kilang BBM?

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
12 December 2019 16:17
Kuasai TPPI, Pertamina Ingin Ubah Jadi Kilang BBM?
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) telah ditunjuk untuk mengelola PT Tuban Petrochemical Industries (TPI) sejak November lalu. Benarkah ada rencana Pertamina ingin mengubah kilang TPPI dari kilang Petrokimia menjadi kilang BBM?

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan bahwa untuk TPI dengan kilang TPPI yang berada di dalamnya mulai dilakukan processing di fasilitasnya sejak dua tahun lalu oleh Pertamina. "

Pertamina, kata dia, sedang mempertimbangkan untuk mengoptimalkan kilang ini ke depannya. "Toll fee kilangnya bagus sekali, bisa hasilkan produk petrochemical atau bisa kita switch jadi produk BBM, jadi ini menambah kapasitas terpasang," ujar Nicke di Kementerian BUMN, Kamis (12/12/2019).


Saat ini Tuban Petro 96% dikuasi oleh pemerintah sahamnya lewat skema penyertaan modal negara.



TPPI sebenarnya adalah kilang aromatic, kilang modern untuk hasilkan produk petrokimianya bagus, sayang jika tidak dimaksimalkan.

Mantan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari Soemarno pernah menjelaskan, dengan spesifikasinya TPPI lebih cocok menjadi kilang Petrokimia. "Ketimbang jadi kilang BBM, justru nanti hasilnya tidak akan optimal. Sudah paling benar jadi kilang petrokimia dan akan banyak bawa nilai tambah," ujarnya beberapa waktu lalu.

Pengembangan industri petrokimia nasional melalui TubanPetro ini juga didukung penuh oleh Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang secara aktif mendorong segera terlaksananya optimalisasi pemanfaatan aset-aset di bawah Grup TubanPetro.

[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading